Stasiun-Stasiun Yang Menyediakan Layanan Rapid Test

Dedikasi pemerintah untuk melakukan rapid test virus corona terhadap para calon penumpang perjalanan kereta api sudah bisa dilakukan di stasiun sejak 27 Juli 2020. Awalnya, pelaksanaan rapid test hanya bisa dilakukan di 12 stasiun saja. Lalu, per 22 September 2020 lalu, terjadi penambahan di beberapa stasiun agar mereka bisa melayani rapid test juga.

Penambahan jumlah stasiun dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melayani tes cepat Covid-19 tersebut di antaranya adalah:
1. Daerah Operasi 1: Gambir Pasar Senen
2. Daerah Operasi 2: Bandung Kiaracondong
3. Daerah Operasi 3: Cirebon Prujakan
4. Daerah Operasi 4: Semarang Tawang Tegal
5. Daerah Operasi 5: Purwokerto Kroya
6. Daerah Operasi 6: Yogyakarta Solo Balapan
7. Daerah Operasi 7: Madiun Blitar Kertosono Jombang
8. Daerah Operasi 8: Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang Sidoarjo Mojokerto
9. Daerah Operasi 9: Jember Ketapang

Untuk pelayanan rapid test di stasiun-stasiun tersebut dikenakan harga sebesar Rp 85.000. Agar dapat mengakses layanan ini, penumpang diharuskan memiliki kode pemesanan aktif kereta api jarak jauh.

Para penumpang yang memakai layanan rapid test di stasiun akan serta merta mendapatkan surat hasil rapid test yang disertai tanggal pemeriksaannya. Di mana masa berlaku surat keterangan tersebut adalah selama 14 hari.

Dikutip dari kompas.com, masyarakat terlihat sangat antusias memanfaatkan layanan rapid test tersebut di stasiun. Rata-rata ada sebanyak 2.200 pengguna per hari yang memanfaatkan layanan ini.