Spotify Tak Lagi Santai

Berdasarkan data yang dilansir dari CNET, Spotify resmi jadi penguasa layangan musik streaming digital dengan 108 juta pelanggan dari seluruh dunia. Tapi ada satu hal yang membuat mereka sekarang terasa tak lagi santai, terutama untuk para musisi dan label rekaman.

Di akhir bulan Juli 2019, Spotify resmi menutup pintunya untuk menerima unggahan langsung dari para musisi dan label rekaman. Mereka kini punya kebijakan baru yang lebih menguntungkan pihak ketiga alias para distributor. Karena ketika para musisi dan label rekaman ingin mengunggah karyanya, mereka harus menggunakan jasa distributor musik, seperti Tunecore, DistroKid, dan yang lainnya.

Kebijakan baru itu mungkin terlihat menguntungkan distributor dan lebih mengedepankan kelangsungan sisi bisnis antar keduanya. Tapi di sisi lain, Spotify juga sedang berusaha bersama mitra distributor mereka untuk menyederhanakan proses pengunggahan musik dari para musisi, sehingga para musisi dan label musik dapat dengan mudah mengunggah karya mereka seperti pada fitur beta sebelumnya. Namun patut dicatat, itu belum akan terjadi dalam waktu dekat. Karena masih banyak yang akan diurusi Spotify di tahun ini. Salah satu urusan terbesarnya adalah kerugian yang masih terus mereka alami.

Walaupun mengalami kenaikan 31% dari tahun ke tahun dalam pendapatan pelanggan hingga akhirnya menyentuh angka 108 juta dan kenaikan 34% dalam pendapatan iklan menjadi sekitar US$184 juta, Spotify masih mengalami kerugian operasional yang angkanya mencapai US$3,3 juta.

Banyak hal yang dilakukan untuk menutupi kerugian mereka. Salah satunya lebih menggenjot kanal podcast mereka, karena pengguna podcast Spotify sekarang meningkat lebih dari 50% sejak kuartal I 2019, yang artinya bertumbuh dua kali lipat. Spotify juga melakukan akuisisi terhadap jaringan podcasting Gimlet Media dan Anchor. Produsen alat untuk membuat, menerbitkan, dan memonetisasi konten berbentuk podcast. CEO Spotify, Daniel Ek memperkirakan, “20% dari semua pendengar pada platform akan berasal dari podcast.” Dengan target memiliki 110 juta hingga 114 juta pelanggan berbayar pada akhir September dan memprediksi bahwa pengguna aktif bulanannya akan meningkat menjadi antara 240 juta hingga 245 juta serta di akhir tahun berharap mendapatkan seperempat miliar pendengar bulanan, maka wajar jika Spotify kini terlihat tak lagi santai.