Podcast Semakin Digilai, Spotify Gandeng 9 Podcast Indonesia Secara Eksklusif

Podcast telah menjelma menjadi media baru yang memiliki perkembangan pesat dalam beberapa waktu terakhir. Indonesia sendiri yang menjadi salah satu negara dengan pendengar podcast terbanyak. Melihat tren ini, Spotify sebagai platform Podcast mengumumkan jika mereka telah menggandeng podcast ternama tanah air untuk mengembangkan pasar podcast di Indonesia.

Platform musik digital dan podcast, Spotify telah mengumumkan kolaborasi eksklusif dengan podcast Indonesia untuk kedua kalinya. Setelah gelombang pertama pada Februari lalu, aplikasi asal Swedia itu mengajak sembilan podcast Tanah Air untuk berkolaborasi secara eksklusif.

Dikutip dari detik.com, sembilan podcast yang yang berkolaborasi dengan Spotify antara lain BKR Brothers, Makna Talks, DESTAnya Siapa?, Podcast DariTaDi Yu Ya Yukk, Podcast Malam Kliwon, Rintik Sedu, Teman Tidur, Kinosgina, dan Thirty Days of Lunch.

Head of Studios for Southeast Asia Spotify, Carl Zuzarte menyatakan bahwa kolaborasi tersebut kembali dilakukan karena adanya peningkatan antusiasme terhadap podcast dari pengguna Spotify di Indonesia.

“Podcast di Indoonesia bisa dibilang salah satu yang paling menarik di dunia saat ini, jumlah pengguna yang mencari dan mendengarkan podcast pun terus bertaman,” ujar Zuzarte dikutip dari detik.com

Berdasarkan data yang dihimpun Spotify, Indonesia adalah negara dengan pendengar podcast terbanyak di kawasan Asia Tenggara. Setidaknya ada lebih dari 20 persen pengguna Spotify di Indonesia yang mendengarkan podcast setiap bulannya.

Zuzarte menambahkan bahwa konten-konten yang diproduksi oleh podcaster Indonesia telah menarik perhatian. Podcast Indonesia dinilai memiliki karakter yang mampu mengajak pendengar lebih intim melalui obrolan.

“Keintiman di dalam podcast, di mana pendengar merasa menjadi bagian dari obrolan, menjadi hal yang sangat penting, terutama di masa saat ini ketika kita semua melakukan pembatasan sosial,” tambah Zuzarte.

Sebelumnya pada edisi pertama, Spotify telah mengajak delapan podcast Indonesia untuk berkolaborasi. Mereka adalah Podcast Raditya Dika (PORD), Do You See What I See, PODKESMAS, RAPOT, Menjadi Manusia, Podcast Bagi Horror, Box2Box Football Podcast, dan Podcast Suara Puan.

Kolaborasi tersebut menjadi inovasi lanjutan dari Spotify pada masa pandemi setelah mereka menghapuskan batasan penyimpanan 10.000 lagu bagi para penggunanya. Penghapusan ini berlaku bagi semua pengguna baik yang berlangganan premium ataupun yang gratis.