Masa pandemi begitu menguji kekuatan kita, baik secara fisik ataupun mental. Beberapa kabar buruk menyelimuti hari-hari selama menjalani masa karantina. Tidak pastinya nasib hingga berpulangnya beberapa legenda menjadi kenyataan yang harus dihadapi. Belum habis kesedihan, kini sebuah berita duka kembali datang mengejutkan semua khalayak. McDonald’s Sarinah, salah satu gerai legendaris dari waralaba makanan saji ini resmi ditutup mulai 10 Mei mendatang. Hal ini menyudahi perjalanan panjang tempat itu selama hampir 30 tahun.

Dini hari tadi, warga Jakarta dihebohkan dengan kabar tutupnya salah satu restoran legendaris di Ibu Kota. McDonald’s Sarinah, yang telah beroperasi sejak 1991 itu dikabarkan akan tutup mulai 10 Mei 2020 mendatang.

Kabar itu kemudian dikonfirmasi langsung oleh akun Twitter resmi dari McDonald’s Indonesia. Dalam rilis yang dituliskan di sana, pihak McDonald’s menjelaskan alasan mengapa salah satu restoran legendarisnya itu terpaksa dihentikan beroperasi. Seketika berita ini menjadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 20 ribu cuitan ketika artikel ini ditulis.

Penutupan restoran yang berlokasi di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat itu lantaran permintaan manajemen gedung Sarinah yang disampaikan melalui surat resmi pada minggu lalu. Disebutkan bahwa pihak gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan mengubah strategi bisnis pada bangunan tersebut.

“Atas permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi tertanggal 30 April 2020, mereka akan melakukan renovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis,” bunyi pernyataan McDonald’s Indonesia melalui akun Twitter resminya.

McDonald’s akan menutup cabang Sarinah Thamrin secara permanen mulai Minggu, 10 Mei 2020 pada pukul 22.05 malam. 

“Kami menyadari restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami, namun juga bagi konsumen. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, namun juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana,” tutur Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia, dikutip dari Kumparan.

Tutupnya McDonald’s Sarinah menjadi kesedihan mendalam bagi para konsumen setianya. Pasalnya restoran ini menjadi tonggak awal menjamurnya gerai McDonald’s di tanah air. Selain itu, dengan periode operasional yang hampir mencapai 30 tahun. McDonald’s Sarinah menyimpan banyak kenangan bagi para konsumen. Beragam reaksi dikemukakan netizen di linimasa Twitter.

Tutupnya McDonald’s Sarinah ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Pada 2009 silam, restoran ini sempat tutup lantaran kisruh antara pemilik awal dan pihak McDonald’s Internasional Property Company (MIPCO). Namun dalam kurun dua tahun setelahnya, McDonald’s Sarinah kembali beroperasi melalui proses tender.Terima kasih atas segala kenangan indah, McDonald’s Sarinah.