The Twins, Rumah Mungil di Jakarta yang Mendapatkan Penghargaan Internasional

Rumah sejatinya adalah tempat untuk berpulang, tempat yang memberikan kenyamanan dan keamanan hakiki bagi pemiliknya. Tak jarang, pada prosesnya rumah dibuat dengan rancangan yang menarik dari segi estetika maupun fungsionalnya. Seperti yang dimiliki oleh sebuah rumah yang terletak di kawasan padat penduduk Cipulir, Jakarta Selatan. Rumah yang dijuluki ‘The Twins’ ini memiliki konsep desain yang unik dan mendapatkan penghargaan internasional.

Sebuah rumah mungil ditengah pemukiman padat di kawasan Cipulir, Jakarta Selatan berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dinamai ’The Twins’, desain rumah ini berhasil mendapatkan penghargaan dari ajang Architizer Award yang diselenggarakan di New York, Amerika Serikat.

Dilansir dari detikcom, rumah mungil itu dirancang oleh perusahaan arsitektur tanah air, Delution. Pada ajang tersebut, The Twins berhasil memenangi kategori Small Architecture+ Small Living by People Choice. The Twins sendiri bersaing dengan 5 ribu karya arsitektur yang datang dari 100 negara. Rumah tersebut merupakan proyek yang dikerjakan Delution sejak 2018 dan rampung pada 2019.

Lokasi Hunian

The Twins sendiri terletak di Cipulir, Jakarta Selatan. Berlokasi di kawasan padat penduduk, rumah tersebut berdiri di atas sebidang tanah 70 meter persegi dengan luas bangunan seluas 73 meter persegi. Aksesnya pun terbilang cukup sempit karena jalan di sekitar The Twins hanya selebar 1,5 meter persegi dan hanya bisa dilewati oleh sepeda motor.

Eksplorasi rumah The Twins. Sumber: Livinglovingnet

Delution melalui laman resminya menyatakan jika The Twins dibangun untuk dua keluarga yang berjumlah empat orang (sepasang suami istri dan dua anak), serta seorang wanita dengan disabilitas. Keunikan The Twins terletak pada konsep desain yang mengusung konsep rumah tumbuh. Pembangunannya sendiri dilakukan secara bertahap dan dibagi dalam tiga fase.

Bangunan The Twins memiliki dua pembagian dengan ukuran berbeda. Satu rumah terdiri dari dua kamar tidur dengan kamar mandi, dapur dan ruang makan untuk empat orang. Sedangkan rumah lainnya memiliki kamar tidur, kamar mandi, dan ruang keluarga. 

Kedua bangunan itu dibangun dalam satu petak tanah, lalu dihubungkan dengan pintu kaca yang bisa dipasang dan dibuka kapan saja untuk menciptakan ruang yang lebih luas. Dengan fitur ini, setiap keluarga yang tinggal di The Twins memiliki zona privasinya masing-masing dan tetap bisa saling berkomunikasi.