Rekor! Kaset Game Mario Bros dijual Seharga Rp 1,6 Miliar

Seringkali hobi memaksa kita untuk melampaui batas kemampuan untuk memenuhinya. Seperti yang terjadi di Amerika Serikat, di mana seseorang dikabarkan bersedia membeli kaset video game Mario Bros seharga Rp 1,6 miliar! Banderol fantastis ini disinyalir karena keberadaan kaset ini yang sangat langka dan kondisinya yang masih sangat terawat. Bahkan kaset game keluaran tahun 1985 ini mendapatkan rating 9,4 di situs lelang terkait. Ada-ada saja ya!

Sebuah seri video game Super Mario Bros diberitakan berhasil dijual dengan harga fantastis sebesar US$ 114.000 (Rp 1,6 Miliar). Banderol disebesar itu dikarenakan karena seri yang dijual adalah seri paling langka yang ada dipasaran. Harga kaset game itu juga sekaligus memecahkan rekor sebagai video game termahal yang pernah dijual.

Dikutip dari USA Today, pembelian seri Mario Bros tersebut dilakukan dengan sistem lelang pada situs bernama Heritage Auctions. Seri yang dijual adalah keluaran tahun 1985 yang dirilis untuk konsol Nintendo Entertainment System. Versi Mario Bros yang satu ini dikabarkan memiliki kelengkapan yang berbeda dari seri lainnya. Game tersebut memiliki hangtab atau bungkus dengan lubang untuk menggantung dibagian atas kemasannya.

Lelang Super Mario Bros di Heritage Auctions. Sumber: IGN Southeast Asia

Diketahui hangtab yang dipakai adalah generasi pertama yang diuji di pasar Amerika Serikat sebelum plastik yang lazim digunakan sebagai kemasan video game. Langkanya pemakaian hangtab juga membuat sedikit game yang menggunakannya. Inilah yang membuat seri Super Mario Bros yang satu ini menjadi sedemikian mahal.

“Permintaan untuk game tersebut (Super Mario Bros) benar-benar tinggi, dan jika tersedia dengan jumlah yang banyak di pasaran, video game tersebut akan memecahkan rekor dan nyatanya benar terjadi saat ini,” ujar Valerie McLeckie, Direktur Heritage dikutip dari USA Today.

Seri Super Mario Bros tersebut tergabung dalam lelang game legendaris lain yang dirilis pada era 80-an hingga 90-an. Dalam pelelangan tersebut, pihak Heritage berhasil meraup angka penjualan sebesar US$ 700.000 (Rp 10,1 Miliar). Adapun game ternama lain yang berhasil terjual antara lain “Mike Tyson’s Punch-Out” yang berhasil terjual seharga US$ 50.400 (Rp 729 juta) dan seri Super Mario Bros 3 yang laku dengan banderol US$ 38.400 (Rp 555 juta).