Ragam__: Unit Alternatif Semi 90’s Selatan Jakarta

Ragam_ merupakan kelompok musik alternatif asal Cilandak Jakarta Selatan. Beranggotakan saudara kandung Rinaldo Laksasena, Bramega Sanditama, serta Andri Fajar Arafah, Sonny Wicaksono, dan Rendrato Sena.

Sebelumnya mereka hanya menjadi band cover yang sesekali bermain di studio untuk menghilangkan penat dari kesibukan aktivitas sehari-hari, sehingga angan untuk membuat merealisasikan materi sendiri hanyalah wacana. Hingga di tahun 2020 ini terlahir EP “Tawa Gila Kota”, yang berisikan tiga lagu berjenis alternatif, dengan inspirasi dari masing-masing referensi personilnya.

Konsep lirik dan pesan dari lagu-lagu di EP ini terinspirasi dari bagaimana Pandemic covid-19, permasalahan globalisasi, ekonomi, sosial, dan negara, yang menurut mereka membentuk keresahan sekaligus kegelisahan generasi penerus saat ini.

Berbalut tone tone alternatif yang lumayan kental, Ragam__ cukup menarik perhatian melalui ketiga tembang yang mereka sajikan dalam EP tersebut. Seperti alternatif 90-an dengan vokal yang sedikit mengingatkan kepada suara Ade Paloh Sore.

Lagu-lagu “Tidak Lagi Berisik”, “Belajar Dewasa”, “Pohon Besi Kota” menjadi modal awal yang memiliki harapan. Mungkin karena tertempa pengalaman sebagai band cover, membuat aransemen di ketiga lagu tersebut terdengar dewasa dan cukup meyakinkan.

Tepat pada Jumat, 2 Oktober 2020 Ragam__ akan merilis lagu bertajuk “Pembangkang”. Single ini diluncurkan di beberapa platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Deezer, Joox dan Youtube.