Sejak era digital menginvasi industri musik, rilisan fisik sempat menjadi komoditas yang tak menarik bagi sebagian besar pecinta musik. Namun beberapa tahun terakhir, fenomena ini telah bergeser di mana banyak orang yang beralih untuk menjadi kolektor rilisan fisik macam vinyl atau kaset. Hal inipun membuat penjualan keduanya menjadi melonjak. Seperti data yang dihimpun dari Official Charts Company, di mana penjualan kaset musik telah meningkat tajam di 2019 dan terus berlanjut di pertengahan tahun ini.

Kecanggihan teknologi membuat platform digital mendominasi pilihan utama dalam mendengarkan musik. Sebut saja seperti Spotify, Apple Music, Joox, dan banyak penyedia layanan streaming lain yang bersaing untuk mendapatkan pendengar. Banyaknya pilihan ini membuat rilisan fisik sempat ditinggalkan para pecinta musik.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, industri musik telah melihat potensi dari kebangkitan penjualan rilisan fisik. Terlihat dari banyaknya musisi lokal yang kerap menyiapkan rilisan fisik dalam karya terbarunya dan selalui diburu para penggemarnya. Tren ini pun turut di dukung data dari Official Charts Company yang menyatakan bila penjualan kaset musik mengalami peningkatan tahun lalu.

Dilansir dari Unilad, Official Charts Company merilis data yang menunjukkan peningkatan sebesar 103% dalam penjualan kaset pada periode semester pertama 2020 yang dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Dalam data tersebut disebutkan pula bila sebanyak 65.000 kaset telah terjual selama paruh pertama 2020. Perolehan ini juga kali pertama yang mendekati rekor sebelumnya pada tahun 2003 yang mencapai 100.000 kaset.

Pihak Official Charts Company juga menyampaikan bila penjualan kaset musik dapat melonjak karena penggemar musik yang berusia muda memiliki keinginan besar untuk meningkatkan koleksi musik mereka. Aliran musik pop menjadi aliran yang memiliki tingkat penjualan kaset musik tertinggi.

Menurut data yang dihimpun Official Charts Company, dalam daftar sepuluh kaset album yang paling laris, tujuh di antaranya adalah milik musisi beraliran pop antara lain 5 Seconds of Summer, Lady Gaga, The 1975, Selena Gomez dan Dua Lipa menempati 5 peringkat teratas dalam daftar tersebut.

Tak hanya itu, album 5 Seconds of Summer yang bertajuk “CALM” telah terjual sebanyak 12.000 keping di minggu pertama perilisannya. Perolehan ini membuat album tersebut menjadi album dengan penjualan tercepat selama 18 tahun terakhir.