Nostalgia Kejayaan Musik Era 90-an dengan Situs 90s Festival Generator

Era 90-an seringkali dipandang sebagai masa yang sulit dilupakan. Banyak hal legendaris terjadi di era tersebut. Mulai dari musik, film, acara televisi, dan hal lain dari era tersebut yang selalu menyenangkan untuk dilihat. Untuk menyegarkan ingatan insan yang hidup di era 90-an, kini ada sebuah situs yang bisa mengsimulasi festival musik secara yang berisikan artis yang tenar di masa itu. Nama-nama seperti Nirvana, Bad Religion, atau The Cure sering kali masuk dalam lineup situs 90s Festival Generator. 

Masa pandemi sekarang ini membuat banyak orang bertindak lebih kreatif untuk mengusir kebosanan. Seperti yang dilakukan oleh seorang pengguna Twitter bernama Rico Monkeon, di mana ia membuat situs bernama 90s Festival Generator yang bisa menghasilkan “Festival 90-an” secara acak. Festival ini berisi lineup musisi yang tenar di era 90-an macam Oasis, Foo Fighters, The Cure, hingga Nirvana. Dari lineup tersebut nantinya para pengunjung situs tersebut bisa menyaksikan rekaman penampilan dari artis terkait.

Cara kerja situs ini pun cukup mudah. Anda hanya tinggal meluncur ke monkeon.co.uk, disana sudah ada poster yang berisi lineup artis yang mengisi Festival Musik 90an. Jika anda mengklik nama artis yang tertera, maka segera akan dialihkan ke halaman yang memperlihatkan rekaman penampilan si artis tersebut. 

Bila dirasa kurang puas dengan daftar penampil yang ada, Anda juga mengubah lineup dengan menekan tombol ‘Generate Another Festival’ dan seketika akan ditampilkan poster festival baru dengan daftar artis yang berbeda dengan poster sebelumnya. 

Tampilan generator festival di situs Monkeon

Generator festival di situs Monkeon akan menghasilkan lineup secaa acak yang dirangkai sedemikian rupa sesuai dengan panggung layaknya festival nyata. Beberapa panggung dalam lineup tersebut antara lain The Kellogs Corn Pops Stage, The Metz Judderman Stage, The Melody Maker Stage, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, susunan artis yang ada di situs tersebut adalah para musisi yang tampil pada Festival Musik di Inggris era 90-an. Pemilihan headliner di poster tersebut mengacu pada popularitas dan rating artis terkait di Spotify. Maka tak heran bila nama-nama tenar di era 90-an akan muncul di posisi teratas lineup Festival Musik 90an di situs tersebut.

Beberapa rekaman penampilan yang terlihat adalah band Primus yang tampil di Woodstock tahun 1994, The Beastie Boys yang bermain di Reading Festival tahun 1992, atau Deftones yang tampil di Glastonbury pada tahun 1998.

Menariknya fitur di situs Monkeon tersebut bisa digunakan secara gratis, dan hasil simulasi festival yang telah dibuat bisa dibagikan ke media sosial Facebook dan Twitter. Tertarik untuk mencobanya? Klik disini.

Kredit foto : Monkeon