MTV Video Music Awards 2020, Semangat Apresiasi di Tengah Badai Pandemi

Pandemi yang melanda tak menghentikan langkah pagelaran keramat MTV Video Music Awards 2020. Ajang yang kerap disebut Lebaran musik Internasional dan penghargaan tertinggi insan musik dunia ini tetap dihelat dengan semangat membara demi apresiasi terhadap musisi-musisi yang telah berkarya sepenuh hati dalam kurun 2020.

MTV VMA 2020 tetap lancar dihelat pada 30 Agustus lalu, di tengah pandemi yang masih kencang melanda negeri Paman Sam. Via virtual, berbagai kategori, nominasi dan pemenang dibacakan satu persatu. Tentu tetap dalam koridor menghibur dan menjadi tontonan yang menghibur dengan gaya Keke Palmer yang menjadi host selama seremoni keramat ini berlangsung.

Dalam masa berkabung pandemi yang melanda, VMA 2020 juga menambahkan dua kategori yaitu Best Quarantine Performance dan Best Music Video from Home, serta satu kategori spesial Everyday Heroes: Frontline Medical Workers. Kategori tersebut dibuat sebagai apresiasi bagi para insan musik dan garda terdepan kesehatan yang tetap rutin berkarya dan melakukan performa optimal selama pandemi. Penghargaan musik yang telah berlangsung sejak 1984 ini juga memberikan dedikasi kepada aktor Chadwick Boseman, yang meninggal karena kanker dua hari sebelumnya.

Untuk urusan nominator, dua diva dunia Lady Gaga dan Ariana Grande merajai jumlah nominasi terbanyak dengan masuk dalam 9 nominasi bergengsi. Sementara itu grup idola asal Korea Selatan, BTS, memimpin malam penghargaan tersebut dengan menyabet beberapa kategori sekaligus seperti: Best Group, Best K-Pop, Best Pop dan Best Choreography.

Di sisi lain MTV VMA 2020 juga jadi ajang pembuktian bagi The Weeknd dengan nomor terhitsnya Blinding Lights. Penyanyi asal Kanada tersebut sukses memboyong daulat bergengsi Video of the Year dan Best R&B. Jika ditarik jauh ke belakang, tak ayal Blinding Lights masuk dalam banyak nominasi. Secara promosi gila-gilaan yang dilakukan label, serta paduan nada-nada catchy-nya punya daya tarik kuat yang menggait animo penonton.

Selain kesuksesan The Weeknd, ada Coldplay dengan nomor Orphans yang berhasil menyingkirkan nama-nama mainstream seperti blink 182, Evanescence, Fall Out Boy, Green Day dan The Killers pada kategori Best Rock. Namun ketimpangan dirasa terjadi pada kategori Best Alternative yang memenangkan Machine Gun Kelly dengan Bloody Valentine-nya ketimbang The 1975, ataupun Lana Del Rey, yang jelas punya warna lebih dengan amunisi yang dibawa di kategori tersebut. Entah apa yang terbersit di pikiran komite MTV Video Music Awards kali ini, hingga tega memilih Machine Gun Kelly sebagai pemenang.