Bukan Lagi Imajinasi, Kini Mobil Benar-Benar Bisa Terbang

Kecanggihan teknologi saat ini memang sudah begitu mempermudah kehidupan. Apa yang dulu dianggap sebuah kemustahilan, perlahan kini menjadi kenyataan. Seperti yang terjadi pada dunia otomotif. Kini telah tercipta sebuah teknologi yang yang memungkinkan mobil untuk terbang di udara. Ya, ini bukan sebuah imajinasi yang biasa kita lihat di film atau kartun belaka. Mobil terbang buatan perusahaan Start-up Jepang, SkyDrive telah melakukan uji terbang dan berhasil bekerja dengan baik.

Sebuah perusahaan rintisan (Start-up) Jepang, SkyDrive telah menciptakan mobil terbang yang diklaim menjadi yang terkecil di dunia. Dilansir dari Gadget 360, kendaraan tersebut khusus dirancang untuk menampung satu orang. Dengan rancangan tersebut, bisa dibilang mobil terbang itu setara dengan sepeda motor di udara.

Mobil terbang rancangan SkyDrive itu akhirnya telah menjalani uji terbang publik pada beberapa hari yang lalu. Proyek yang didukung oleh perusahaan otomotif Toyota itu sebelumnya telah menjalani program pengembangan yang dilakukan selama bertahun-tahun.

“Dari seratus proyek mobil terbang yang dibuat di dunia, hanya segelintir proyek yang berhasil dengan menempatkan orang di dalamnya. Saya berharap banyak orang ingin mengendarainya dan merasa aman,” ujar Tomohiro Fukuzawa, kepala proyek mobil terbang SkyDrive dikutip dari Gadget 360.

Uji terbang Mobil Terbang SkyDrive

Pada pengujian tersebut, mobil terbang buatan SkyDrive bisa terbang dalam waktu 5 sampai 10 menit. Namun pihak SkyDrive sedang berusaha untuk menambah durasi terbang kendaraan tersebut menjadi 30 menit.

Mobil terbang itu tergolong dalam kendaraan eVTOL (vertical takeoff and landing) yang berbasis tenaga listrik. Teknologi ini memungkinkan perjalanan yang cepat menuju tujuan. Munculnya kendaraan tersebut menjadi jawaban atas kebutuhan transportasi yang bebas dari kemacetan.

Hal yang menjadi tantangan dalam mobil terbang ini adalah adalah kontrol lalu lintas udara, ukuran baterai kendaraan dan infrastruktur lainnya yang menunjang mobil terbang untuk beroperasi secara umum.

Mobil terbang tersebut memiliki keunggulan dibandingkan kendaraan terbang lainnya seperti pesawat terbang atau helikopter dimana kendaraan itu tak memerlukan tempat lepas landas dan pendaratan khusus seperti bandara. 

Pada kesempatan itu juga SkyDrive mengonfirmasi jika perusahaan akan berusaha untuk mendapatkan persetujuan untuk penerbangan di luar uji lapangan pada akhir 2020. Sekaligus perizinan untuk produksi secara massal pada tahun 2023. Untuk menuju ke arah sana, SkyDrive terlebih dulu memastikan keamanannya sebelum dilepas resmi ke publik.