Mahkota Ratu Elizabeth II Selalu Dibersihkan Memakai Gin

Gin adalah minuman beralkohol hasil fermentasi serealia (gandum) yang diberi aroma buah pohon juniper dan melalui proses distilasi. Minuman ini termasuk jenis minuman beralkohol yang populer di dunia. Selain itu, gin juga bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan. Buktinya, mahkota Ratu Elizabeth II bisa selalu terlihat kinclong bersinar berkat gin.

Hal itu diungkapkan secara gamblang oleh stylist kerajaan yang merupakan sahabat lama sang Ratu, Angela Kelly. Dirinya menjabarkan ‘rahasia’ tersebut dalam bukunya yang berjudul The Other Side of the Coin: The Queen, The Dresser and the Wardrobe, yang diterbitkan di bulan Oktober 2019 lalu.

“Gin dan air kecil berguna untuk memberikan berlian ekstra berkilau, jangan beri tahu toko perhiasan itu!” tulis Angela Kelly seperti dikutip People.

Angela menuturkan, ia selalu membersihkan kembali perhiasan sang ratu, seperti cincin, kalung, termasuk mahkota, yang dulunya milik Ratu Mary menjelang dikenakan Ratu di acara-acara resmi seperti ketika State of Opening of Parliament. Selain gin, ia juga mencampurkan setetes cairan pembersih dengan air. Di waktu-waktu tertentu, perhiasan Ratu juga dibersihkan secara professional oleh ahlinya ketika dibutuhkan.

Menurut editor Chemistry World, Ben Vasler, kandungan alkohol yang tinggi dapat membersihkan debu dan lemak yang membuat berlian terlihat kusam seiring waktu. Lebih lanjut, dia juga menjelaskan bahwa alkohol dapat membersihkan safir, zamrud, dan rubi tetapi dapat merusak mutiara.

Angela Kelly telah bekerja pada Ratu Elizabeth II sejak 1994. Angela yang merupakan penasihat dan kurator pribadi bertanggung jawab atas perawatan pakaian dan perhiasan serta menciptakan beberapa penampilan paling ikonis Ratu yang menarik perhatian.

Untuk yang belum tahu, Sang Ratu tak selalu memakai Imperial State Crown yang berat dan sarat sejarah itu di pembukaan perlemen. Mahkota yang berhiaskan beludru ungu dengan 2.868 berlian biasanya diletakkan di atas bantal merah di samping takhta Ratu. Sebagai gantinya, ia memilih mengenakan George IV State Diadem yang jauh lebih ringan untuk disematkan di atas kepalanya.