Korea Selatan Akan Melarang Artis Perempuan Jadi Bintang Iklan Minuman Beralkohol

Soju dan bir merupakan salah dua minuman beralkohol yang rutin dikonsumsi oleh masyarakat Korea Selatan, karena kedua minuman tersebut memang sudah masuk menjadi budaya dalam khasanah kehidupan di Negeri Ginseng sejak lama. Selain terkenal di Korsel sendiri, soju dan bir juga memiliki tingkat popularitas yang tinggi di negara lainnya, terutama kawasan Asia. Hal itu tak lepas dari pengaruh hallyu wave atau invasi budaya Korea ke mancanegara berkat serial, film dan variety show. Tapi di luar semua itu, kini iklan penjualan soju atau minuman beralkohol lainnya akan dibatasi di sana.

Dikutip dari Koreaboo, pemerintah Korea Selatan berencana membatasi iklan penjualan minuman beralkohol dengan salah satu caranya melarang artis perempuan Korsel untuk menjadi bintang iklannya.

Pada 4 November lalu, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan mengumumkan untuk merevisi peraturan standar iklan minuman beralkohol mereka. Tak hanya dalam iklan video, pelarangan juga berlaku untuk iklan foto atau poster.

Hal itu diatur dalam Pasal 10 Undang-Undang Kesehatan Nasional Korea Selatan yang menyatakan bahwa alkohol dan rokok berbahaya untuk kesehatan.

“Produk rokok menyertakan foto-foto tentang operasi kanker untuk memperingatkan efek buruk rokok terhadap kesehatan, jadi paling tidak memasang foto selebriti di kemasan minuman alkohol pun perlu dilarang,” jelas pihak Kementerian dalam pernyataannya.

Saat ini, memang hanya Korea Selatan yang jadi satu-satunya negara di dalam Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) yang memajang foto selebriti pada botol minuman beralkohol. Terbukti, dengan cara itulah jumlah penjualan soju meningkat pesat.

Dengan adanya peraturan terbaru ini, perusahaan minuman keras di Korsel diyakini akan memikirkan cara lain untuk mempromosikan produk-produk mereka, karena banyak perusahaan yang menjadikan selebriti perempuan Korea sebagai brand ambassador mereka.

Nama-nama artis perempuan Korea seperti Suzy, Irene ‘Red Velvet’, dan Kim Sejeong ‘Gugudan’ diketahui menjadi bintang iklan minuman beralkohol. Suzy membintangi soju Chum Churum, Irene membintangi soju Cham Iseul, dan Kim Sejeong membintangi iklan Good Day.