Inisiasi Konser Streaming, Bentuk Peduli Musisi di Tengah Situasi Lockdown

Semakin menyebar dan meluasnya pandemic COVID 19 membuat dunia harus mengambil langkah darurat. Kebijakan lockdown pun diterapkan berbagai negara untuk memutus penyebarannya. Jangkitnya yang kian cepat membuat semua harus setuju untuk sementara berdiam diri di rumah. Untuk mengusir kebosanan, beberapa musisi dunia pun berinisiatif menghibur jenuh situasi ini. Lewat siaran langsung dan konser digital contohnya.

Berbagai aktivitas dan interaksi langsung harus dikurangi lewat aksi lockdown. Beberapa festival dan konser yang dijadwalkan selenggaranya pun ditunda dan dibatalkan. Semua dihimbau untuk berdiam diri di rumah untuk sementara. Jenuh tentunya melanda. Apa boleh buat, semuanya demi kebaikan bersama.

Untuk menghibur kebosanan para musisi dalam dan luar negeri pun berinisiatif. Ide menggelar konser langsung secara streaming pun digalakan guna menghibur diri setiap manusia yang jenuh dalam rumah. Dari dalam negeri band Grunge asal Pulau Dewata, Navicula pun menggelar konser bertajuk Corona Concert yang disiarkan melalui platform Youtube. Robi dan kawan-kawan membawakan beberapa tembang terhits mereka selama 1 jam pada Jumat (20/3) lalu. Dari pukul 21:00-22:00 WITA mereka berhasil menggarap ribuan pemirsa.

Dari luar negeri musisi sekelas Chris Martin pun melakukan hal sama lebih dulu. Vokalis Coldplay tersebut menghibur jutaan pengikut Instagramnya lewat mini concert di siaran langsung akunnya. A Sky Full of Starts, Up and Up dibawakan untuk menghibur penggemarnya yang sedang melakukan karantina di kediaman masing-masing. Selain Chris Martin, penyanyi kawakan sekelas John Legend, Niall Noran dan One Republic melakukan hal yang sama dalam mini-concert yang mereka beri tajuk Together at Home.

Ada juga Dropkick Murphys yang berinisiatif sama saat perayaan St Pattrick Day, Kamis (17/03). Bersama nada-nada irish-punk-nya band asal Boston tersebut tidak ingin melewatkan kemeriahan hari raya rakyat Irlandia tersebut dengan para fans yang biasa berpesta dengan kidung-kidung magis gubahan mereka. Siaran langsung konser mereka pun dituai komen positif beribu warga net.

Selain musisi-musisi di atas, dari dalam negeri ada gerakan yang dilakukan Najwa Shihab lewat platform media daringnya Narasi.TV yang juga berencana menggelar Konser Musik #dirumahaja pada 25-28 Maret mendatang. Konser ini akan diramaikan beberapa musisi dalam negeri yang keuntungannya akan didonasikan bagi para petugas medis pandemi Corona COVID 19 melanda.

Siaran konser langsung tentu menjadi hiburan ditengah suntuknya rutinitas dalam rumah. Selain itu, siaran langsung ini juga jadi aksi pemenuh hasrat rindu bagi para penggemar yang harus tertunda pertemuannya dengan musisi idola mereka. Masa karantina yang berlangsung tentunya membatasi tiap gerak, semoga cepat sembuh dan kembali seperti semula, Dunia.