Menakar Sejauh Mana Kerjasama Kemendikbud dan Netflix

Nadiem Makarim nampaknya sedang menggebu-gebu dalam melakukan inovasi di institusi pimpinannya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berbagai gebrakan telah direncanakan untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan di Bumi Pertiwi. Salah satunya dengan menggandeng perusahaan layanan streaming on demand terkemuka, Netflix.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan resmi menggandeng Netflix dalam program menjalin kemitraan dan meningkatkan industri film nasional. Kerjasama ini resmi diteken pada Kamis (09/01) kemarin. Nadiem Makarim dalam keterangan persnya menyatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan bentuk pertama dalam mendukung program kebudayaan yang bersifat lebih inovatif.

Partnership ini adalah yang pertama dari sebuah program kebudayaan yang bersifat lebih inovatif, terfokus pada memasak dan menunjukan talenta di bidang kebudayaan Indonesia di dunia,” ujar Nadiem dilansir dari kompas.com.

Pada kerjasama ini nantinya akan ada beberapa program yang akan diinisasi Netflix dalam mendukung pertubuhan industri film nasional. Dilansir dari asumsi.co, Netflix akan berinvestasi sebesar USS 1 juta atau sekitar 14 miliar rupiah. Dengan dana segar itu Netflix akan mengadakan beberapa kegiatan seperti mengundang pelaku industri film Indonesia untuk mengikuti program “Script to Screen” di Hollywood. Nantinya para peserta yang terpilih akan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix serta anggota komunitas kreatif global lainnya.

Selain program “Script to Screen”, Netflix juga akan melibatkan beberapa ahli dan mitra lainnya dalam memberikan pelatihan pengembangan cerita dan penulisan skenario, sekaligus pelatihan pasca produksi yang akan dihelat di Jakarta. Nantinya setelah pelatihan tersebut, Netflix dan Kemendikbud akan menyelenggarakan kompetisi film pendek yang mana pemenang kompetisi tersebut akan mendapatkan dana untuk memproduksi film mereka.

Program selanjutnya yang di lakukan Netflix adalah melakukan online safety training program dan lokakarya tata kelola industri kreatif. Kedua kegiatan tersebut dilakukan untuk mendorong tata kelola ekonomi kreatif yang baik guna menghadapi pertumbuhan industri kreatif yang dinamis.

Kerjasama antara Netflix dan Kemendikbud bukannya tanpa dasar. Dunia perfilman memang masuk dalam urusan Kemendikbud. Sejak 2015 lalu, Kemendikbud memiliki unit khusus yang menangani masalah perfilman. Unit itu adalah Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) yang memiliki tugas untuk mengembangkan perfilman Indonesia.