Kebiasaan Meludah Sembarangan Yang Jelas Membahayakan

Tentu semua begitu membenci seseorang yang tidak memiliki kesadaran untuk menutup hidung atau mulut kala batuk dan bersin yang datang tanpa disengaja. Sementara berjuta virus harus tersebar ke udara, beberapa diantaranya tentu menular karenanya. Namun selain bersin dan batuk, ada satu kebiasaan yang jelas disengaja seperti meludah yang tidak kalah berbahaya.

Air liur merupakan eksreksi yang menjadi media penularan penyakit. Meski fungsinya sebagai enzim dan antibodi bagi tubuh, air liur juga menjadi tempat bakteri dan virus berkembang. Manusia pada umumnya dapat menghasilkan 1-2 liter air liur dalam seharinya.

Beberapa orang punya kebiasaan aneh seperti meludah sembarangan. Kebiasaan ini menurut beberapa orang timbul dari ketidaknyamanan mulut mereka menampung produksi air liur yang banyak jumlahnya. Kebiasaan meludah sembarangan nyatanya lahir sejak kecil dan menjadi kerutinan hingga dewasa. Beberapa tidak sadar, ludah yang mereka buang dapat menyebarkan penyakit menular dan berbahaya.

Air liur mengandung 50 persen air dan kandungan lainnya termasuk elektrolit, jamur, bakteri, virus, protein, enzim, sekresi dari hidung dan paru-paru, dan lain-lain. Kandungan sekresi dari hidung dan paru-paru ini lah yang paling berpotensi menularkan virus.

Banyak yang tidak sadar jika sebenarnya ludah dapat menguap dan lontaran langsung dari mulutnya dapat menjadi partikel kecil kasat mata yang jika dihirup dapat menularkan penyakit. Belum lagi dengan media yang terkena cipratan air liur tersebut. Kuman dari air liur sendiri dapat bertahan hingga 24-48 jam lamanya dan sangat berbahaya jika dengan sengaja terpegang oleh inang manusia lain. Jadi, sudah tau harus berbuat apa?