Gitar Legendaris Jimi Hendrix Berhasil Terjual Rp 3 Miliar di Lelang

Gitar Legendaris Jimi Hendrix Berhasil Terjual Rp 3 Miliar di Lelang

Nilai historis kerap menjadi pembeda nilai jual suatu produk. Meski kadang terlihat biasa, barang yang yang memiiki cerita dibaliknya selalu menarik para kolektor untuk membelinya. Seperti yang terjadi kala sebuah gitar milik gitaris legendaris, Jimi Hendrix dijual melalui pasar lelang. Tak tanggung-tanggung, gitar tersebut berhasil laku dengan banderol yang fantastis yang ditaksir sebesar Rp 3 Miliar.

Gitar milik musisi legendaris Jimi Hendrix dikabarkan berhasil terjual dengan banderol fantastis melalui lelang. Dilansir dari NME, gitar listrik sunburst Jepang milik Hendrix itu diketahui digunakannya ketika merintis karier di awal era 60-an. 

Jimi Hendrix menggunakan gitar tersebut setelah keluar dari militer pada tahun 1962 dan memainkannya selama ia tinggal di New York yang ketika bergabung dengan Isley Brothers dan membuat bandnya sendiri yakni Jimmy James and The Blue Flames.

Pada lelang yang diadakan oleh GWS Auctions, gitar legendaris Jimi Hendrix itu terjual lebih 4 kali lebih mahal dari harga awalnya. Sebelumnya gitar tersebut hanya dihargai sebesar US$ 50.000 atau sekitar Rp 750 juta. Namun setelah dimasukkan ke dalam lelang, gitar penuh sejarah itu berhasil terjual sebesar US$ 180.000 (Rp 2,65 Miliar). Bila digabung dengan biaya lainnya, gitar Jimi Hendrix itu dijual dengan total harga US$ 216.000 (Rp 3,18 Miliar).

Gitar Sunburst Jepang milik Jimi Hendrix. Sumber: GWS Auctions

Pihak GWS Auctions dalam laman resminya juga menyebutkan jika Hendrix memainkan gitar tersebut setelah meninggalkan Fort Campbell menuju kota Clarksville dan Tennessee dimana ia tampil bersama Wilson Pickett, Silm Harpo, Sam Cooke, Ike, Tina Turner, dan Jackie Wilson sebelum pindah ke Harlem, New York pada tahun 1964.

Selanjutnya, Hendrix meninggalkan gitarnya itu pada temannya bernama Mike Quashie ketika ia pindah ke London, Inggris pada 1966. Quashie sebelum kematiannya pada 2019 lalu sempat memberikan surat notaris asal usul gitar milik Hendrix itu.

“Gitar khusus ini menjelaskan beberapa permainan paling awal oleh Jimi Hendrix dan belum pernah terjadi sebelumnya karena berkaitan dengan nilai historisnya. Belum pernah sebelumnya kami memperoleh gitar sebesar ini yang berkaitan dengan asal usul yang begitu kental dengan sejarah,” bunyi pernyataan GWS Auction melalui laman resminya.

Diketahui gitar legendaris Hendrix itu dijual dengan kondisi yang masih baik. Namun gitar tersebut tak memiliki senar dan GWS Auctions tak mengubahnya karena ingin menjaga originalitas instrumen musik bersejarah itu.

Para pecinta musik rock tentu tak bisa lepas dari nama Jimi Hendrix. Pria kelahiran Washington itu dianggap sebagai salah satu gitaris yang paling berpengaruh dalam sejarah musik rock. Sayangnya ia tak memiliki karier yang panjang karena meninggal dunia di usianya ke 27 tahun pada tahun 1970 silam.

Share this article :
Vantage Banner Ads