Yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Virus Corona

Badai virus corona memang tak pandang bulu dalam memangsa korbannya. Baik tua ataupun muda, bahkan atau yang sehat sekalipun memiliki risiko yang sama untuk terjangkit. Meski Covid-19 memiliki tingkat penyebaran yang sangat cepat, pandemi ini bisa disembuhkan bila tertangani dengan tepat.

Mewabahnya virus corona di seluruh dunia membuat banyak negara untuk waspada guna mengantisipasi virus asal kota Wuhan, China. Tak terkecuali Indonesia yang telah memiliki kasus Covid-19. Berbagai persiapan pun telah dilakukan pemerintah seperti pengawasan di 135 pintu masuk dalam negeri, penunjukan rumah sakit khusus yang ditugaskan untuk menangani pasien virus corona, hingga penutupan fasilitas umum yang berpotensi mengundang keramaian seperti tempat wisata dan museum.

Namun beberapa upaya tersebut tak akan maksimal apabila masyarakat tak ikut serta dalam menjaga diri dari Covid-19. Pemahaman mengenai virus corona harus dimiliki setiap insan agar penyebarannya bisa terhambat. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menjelaskan secara rinci beberapa gejala awal bagi orang yang terpapar virus corona.

Dilansir dari situs resmi WHO, setidaknya bila Anda merasa tidak sehat dan memiliki demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas, coba untuk langsung menghubungi layanan kesehatan terdekat untuk mengecek kesehatan Anda. Untuk menindaklanjuti kondisi tersebut, Pemerintah Indonesia sudah memberikan Protokol Kesehatan jika Anda atau orang terdekat menunjukkan gejala virus corona Covid-19.

Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

1.Jika Anda merasa tidak sehat dengan kriteria:
– Demam lebih dari 38°C; dan
– Batuk/ pilek/nyeri tenggorokan,
istirahatlah yang cukup di rumah dan minum air yang cukup. Bila tetap merasa tidak nyaman, keluhan berlanjut, atau disertai dengan kesulitan bernapas (sesak atau napas cepat), segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Pada saat berobat ke fasyankes, Anda harus lakukan tindakan berikut:
a. Gunakan masker.
b. Apabila tidak memiliki masker, ikuti etika batuk/bersin yang benar dengan cara menutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan atas bagian dalam.
c. Usahakan tidak menggunakan transportasi masal.

2.Tenaga kesehatan (nakes) di fasyankes akan melakukan screening pasien dalam pengawasan COVID-19:
a. Jika memenuhi kriteria pasien dalam pengawasan COVID-19, maka Anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit (RS) rujukan.
b. Jika tidak memenuhi kriteria pasien dalam pengawasan COVID-19, maka Anda akan dirawat inap atau rawat jalan tergantung diagnosa dan keputusan dokter fasyankes.

3.Jika akan diantar ke RS rujukan menggunakan ambulans fasyankes didampingi oleh nakes yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

4.Di RS rujukan, bagi Anda yang memenuhi kriteria pasien dalam pengawasan COVID-19 akan dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan laboratorium dan dirawat di ruang isolasi.

5.Spesimen akan dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta.

Hasil pemeriksaan pertama akan keluar dalam waktu 1 x 24 jam setelah spesimen diterima.

a. Jika hasilnya positif :

I. maka Anda akan dinyatakan sebagai kasus konfirmasi COVID-19.

II. Sampel akan diambil setiap hari.

III. Anda akan dikeluarkan dari ruang isolasi jika pemeriksaan sampel 2 (dua) kali berturut-turut hasilnya negatif.

b. Jika hasilnya negatif, Anda akan dirawat sesuai dengan penyebab penyakit.

Jika Anda sehat, namun:
1.Ada riwayat perjalanan 14 hari yang lalu ke negara dengan transmisi lokal COVID-19, lakukan self monitoring melalui pemeriksaan suhu tubuh 2 kali. Jika muncul demam lebih dari 38°C atau gejala pernapasan seperti batuk/ pilek/nyeri tenggorokan/sesak napas segeralah periksakan diri Anda ke fasyankes.

2.Merasa pernah kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19, segeralah melapor ke petugas kesehatan dan periksakan diri Anda ke fasyankes. Untuk selanjutnya, Anda akan diperiksa spesimennya.

Selain itu menjaga kebersihan menjadi hal sederhana yang dapat dilakukan namun berdampak besar untuk menahan penyebaran virus corona. Seringnya mencuci tangan, atau pun menjaga jarak dengan berdiam diri di rumah juga bisa dilakukan saat ini.