Aktivitas social distancing yang menahan banyak orang di rumah membuat mereka berusaha membunuh kebosanan dengan melakukan banyak hal. Salah satunya dengan bermain game. Akibat kebijakan ini, perangkat Nintendo Switch menjadi populer di kalangan gamer. Bahkan stoknya dipasaran begitu langka, jika tersedia pun pasti memiliki banderol yang cukup mahal. Oleh karena itu seorang gamer yang tak kebagian stoknya merakit Nintendo Switch sendiri. Dan kelihatannya cukup berhasil.

Mulai redupnya pamor game konsol seperti Playstation dan Xbox membuat perangkat Nintendo Switch menjadi populer. Ukurannya yang lebih kecil membuat Nintendo Switch mudah untuk dimainkan di mana saja. Selain itu, perangkat gaming yang satu ini juga memiliki banyak konektivitas sehingga bisa disambungkan pada layar monitor yang lebih besar. Beberapa keunggulan inilah yang menjadi daya tarik Nintendo Switch di pasaran.

Melonjaknya permintaan akan Nintendo Switch saat ini membuat persediaannya cukup langka di pasaran, banyak orang yang mengeluhkan kelangkaan Nintendo di media sosial. Seorang gamer yang tak kebagian stok memutuskan untuk merakit Nintendo Switch sendiri dengan komponen bekas yang ia beli. Gamer tersebut membagikan proses perakitannya di forum Reddit.

Sebuah akun bernama Sarbaaz37 membagikan panduan serta foto yang menggambarkan proses perakitan Nintendo Switch miliknya sendiri. Pada unggahannya gamer tersebut juga menceritakan proses pencarian komponen yang dibutuhkan untuk merakit perangkat game  ini. Diketahui komponen yang diperlukan berjumlah 22 buah dan menghabiskan sekitar $200 atau sekitar 3 juta rupiah.

Biaya yang dikeluarkan gamer tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan harga asli Nintendo Switch yang beredar di pasaran. Sebagai informasi, Nintendo Switch yang dijual di situs jual beli Amazon berkisar di angka 7,6 juta rupiah.

Proses perakitan Nintendo ini juga memakan waktu yang cukup lama, akun Sarbaaz37 menceritakan bahwa ia menghabiskan waktu satu bulan untuk menyelesaikan proses perakitan. Di mana sebagian besar waktunya habis untuk mencari komponen yang tepat dengan harga yang tidak mahal.

Dalam unggahannya itu, Sarbaaz37 memang tak menjelaskan apakah Nintendo Switch rakitannya berfungsi maksimal seperti aslinya atau tidak. Namun dalam satu fotonya memperlihatkan bahwa Nintendo miliknya berhasil dinyalakan.