FLAVS : Reinkarnasi Soulnation Yang Lekat Dengan Komunitas & Sub Kultur

Kamis 18 Desember kemarin, bertempat di Ecology Bistro Kemang, dilaksanakan kegiatan jumpa media untuk acara FLAVS, sebuah festival yang digadang sebagai event Hip Hop, Soul, R&B Indonesia terbesar 2020.

Iwa K, Tuan Tigabelas, Ras Muhammad, dan masih banyak beberapa nama-nama yang bermain di wilayah kultur ini, akan menjadi line up FLAVS. Gelaran tersebut merupakan kerja sama Dyandra Promosindo dengan anak perusahaannya, yaitu Visicita Network.

Mengutip press release mereka, program director dari kegiatan ini, Yacko (rapper Indonesia) berujar “Beragam komunitas bermunculan, dan ini tidak hanya terjadi di skena musik. Walau mungkin bentuknya berbeda-beda, tapi nafas mereka tetap sama, yaitu berekspresi melalui Hip Hop. Gue dan tim mencoba menghadirkan berbagai macam identitas dan flavor Hip Hop, Soul R&B yang ada di Indonesia melalui FLAVS.”

Untuk visual art, mereka dibantu Bujangan Urban aka Jablay dari Gardu House, yang bertindak sebagai Art Director. Sementara selebihnya kegiatan ini dibantu oleh orang-orang di balik layar Synchronize Fest, seperti Muhammad Riza yang bertindak sebagai Festival Director, dan kepengurusan media partner yang dikerjakan oleh Aldila Karina.

Sebagai pemanasan, FLAVS akan mengadakan roadshow ke empat kota, yakni: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Roadshow ini akan menjadi pemantik semangat bagi para talenta lokal untuk memberikan penampilan terbaiknya, mulai dari para rapper adu jago di Freestyle Session, B-Boy Battle dan Open Style Battle yang pemenangnya akan mendapatkan kesempatan unjuk gigi di FLAVS 2020.

Sekilas FLAVS seperti sebuah acara yang beberapa tahun silam sempat membawa aroma dengan kemasan model begini, yaitu almarhum Soulnation. Namun nampaknya FLAVS serius dalam mengembangkan konten yang erat kaitannya dengan komunitas serta sub kultur, sehingga ini cukup memadai sebagai modal untuk melakukan engagement terhadap target market nya.