Keriuhan natal dan akhir tahun sudah terbayang di depan mata menjelang akan berakhirnya bulan Desember. Dalam pesta kemeriahan tersebut, alkohol kemungkinan besar bisa terlibat di dalamnya. Setelah itu, banyak cara untuk membersihkan tubuh kita dari kandungan alkohol yang bisa jadi banyak kita konsumsi. Salah satu caranya dengan melakukan Dry January.

Dry January adalah salah satu gerakan yang diciptakan oleh Alcohol Change, sebuah organisasi non profit yang dibentuk di Inggris dengan tujuan mulia, mengumpulkan dana untuk meningkatkan kesadaran akan kekerasan karena alkohol dan perawatannya.

Dikutip dari Women’s Health, gerakan yang sudah dilakukan sejak tahun 2013 ini awalnya hanya dilakukan olah orang-orang Inggris saja. Namun, dengan kepopuleran yang meningkat tinggi akhirnya banyak orang di negara lain yang tertarik untuk mencobanya.

Dalam kampanye ini, peserta diminta atau ditantang untuk berpuasa alkohol selama 31 hari penuh. Artinya, orang yang mengikuti gerakan ini tidak diperbolehkan meminum alkohol jenis apapun selama sebulan.

Kenapa dinamakan Dry January? Karena kampanye ini dilakukan di awal tahun yang mungkin juga bisa jadi resolusi banyak orang di tahun baru untuk mengurangi kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Sebelum melakukannya, peserta disarankan untuk mendaftar di situs Alcohol Change UK, dan berlangganan surat elektronik yang berisi dukungan sehari-hari untuk mengurangi alkohol. Selain itu, peserta juga bisa mengunduh aplikasi gratis untuk bisa mengatahui kalori dan uang yang tersimpan saat tidak mengonsumsi alkohol, serta mengawasi kebiasaan mereka saat meminum alkohol selama setahun.

Menurut peneliti di Univeritas Sussex, para peserta Dry January di tahun 2018 yang berhasil menjalani puasa alkohol selama sebulan dan mengontrol dan mengurangi konsumsinya secara stabil di waktu-waktu selanjutnya.

“Berpuasa minum alkohol selama satu bulan dapat membantu orang-orang untuk mengurangi frekuensi konsumsi alkohol dalam jangka panjang. Hingga bulan Agustus, beberapa orang tercatat menjalani satu hari khusus tanpa alkohol per minggunya,” kata Dr. Richard de Visser, ahli psikolog dan ketua tim peneliti dari Universitas Sussex.

Keuntungan lain yang didapat dari peserta Dry January adalah meningkatnya kualitas tidur dan turunnya berat badan mereka. Itu sebuah nilai positif untuk peserta yang juga sedang melakukan diet.

Tapi, Dry January hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang levelnya bukan peminum berat. Mereka yang mengalami ketergantungan secara fisik maupun psikis terhadap alkohol sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu terhadap dokter maupun ahli kesehatan sebelum melakukan puasa alkohol.

Jadi, apakah Anda ingin mencoba mengurangi kadar alkohol dalam tubuh dengan berani mengikuti kampanye Dry January?