Hirup Pikuk Aplikasi Kencan di Tengah Himbauan Social Distancing

Tetap ada kebutuhan yang harus dituntaskan dalam masa-masa krisis kala wabah Corona COVID 19 menggila sebarannya. Di luar kebutuhan pangan dan pekerjaan yang sudah menjadi rutinitas wajib, romansa cinta dan rindu nyatanya jadi sesuatu yang bagi sebagian orang hendaknya dipenuhi pula. Situs kencan dan dating apps nyatanya bisa jadi solusi kala masa lockdown dan social distancing seperti saat ini. 

Larangan untuk sementara waktu menghindari aktivitas luar ruang dan pembatasan interaksi dengan orang banyak agaknya membuat diri sedikit jenuh terkurung dalam rumah yang itu-itu melulu hiburannya. Minimnya hiburan dan rasa kesepian yang melanda membuat dating apps jadi kunci yang menawarkan solusi masalahnya.

Dating apps pada umumnya menggratiskan beberap fitur utamanya. Hal ini menjadi daya tarik pengguna yang ingin sekedar mencari teman curhat dan bertukar pendapat selagi merenungi jenuh saat lockdown. Hingga saat ini, ada banyak dating apps dengan jumlah pengguna mencapai jutaan orang, seperti Tinder, OKCupid, TrullyMadly dan Gleeden. Keempat dating apps tersebut punya amunisi fitur masing-masing yang berbeda guna menarik minat pencari asmara.

Kenaikan presentase pengguna dating apps selama periode lockdown sendiri cukup pesat. Seperti OKCupid yang menyatakan bahwa ada 7 persen peningkatan dalam penggunaan aplikasinya. Sementara Gleeden mendapati kenaikan angka berlangganan sebesar 70 persen di India dan negara sekitarnya.

Coronavirus juga menjadi bahan bahasan tersering dalam hal ini. Seperti yang dibicarakan Mellisa Hobley selaku chief-marketing OKCupid,“Pembicaraan mengenai corona agaknya menjadi semacam icebreaking teratas dalam beberapa pekan terakhir yang diutarakan pada pasangan”.

Apa yang dirasa beberapa orang dalam penggunaan dating aps mungkin sama. Mereka hanya mencari teman bicara di tengah masa jenuh tertinggi isolasi, work-from-home dan batalnya banyak kegiatan sosial. Dating apps semata-mata hanya untuk obrolan maya, tidak untuk bertemu langsung dalam siatuasi seperti ini tentunya. Semua sudah cukup pintar tau harus melakukan apa.