Bir Termahal di Dunia Ada di Oslo

Beberapa tahun lalu, bir bisa dengan mudah kita beli di mini market dengan harga yang relatif murah. Harganya berkisar antara 25 sampai 30 ribu rupiah per kaleng atau botol kecil. Tapi sekarang, untuk membelinya kita harus singgah dulu ke sebuah beer house atau supermarket yang ada di dalam mall. Namun, untuk para penikmat bir sejati, pernah kah terpikir untuk mencoba rasa dari bir termahal yang pernah ada di muka bumi?

Jika mempunyai banyak uang dan hendak berwisata kuliner bir ke luar negeri, ada sejumlah kota yang bisa dikunjungi, seperti Dublin (Irlandia), Amsterdam (Belanda), Sapporo (Jepang), Munich (Jerman), dan Wina (Austria). Kota-kota itu banyak mempunyai sejarah tentang minuman fermenstasi berwarna kuning dengan busa menjadi pendampingnya.

Perusahaan perbankan, Duetsche Bank, pernah merilis daftar mengenai harga rata-rata satu gelas bir berukuran 500 ml di berbagai kota di belahan dunia.

Oslo, kota yang berada di Norwegia, tempat lahir pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memiliki bir termahal di dunia. Disana, bir dijual per gelas dengan harga US$9,90 atau sekitar Rp. 136 ribu.

Di urutan kedua ada ada negara Singapura yang menjual bir per gelas dengan harga US$9 atau seharga 123 ribu rupiah. Urutan ketiga, ada Hong Kong, dengan harga jual bir per gelas US$7,70 atau sekitar Rp. 105 ribu.

Sementara harga satu gelas bir yang dijual di Jakarta (Indonesia) jauh lebih murah daripada yang dijual di Tokyo (Jepang) dan Kuala Lumpur (Malaysia), yaitu US$4.20 atau sekitar Rp. 57 ribu. Tapi Jakarta bukan lah kota yang menjual bir dengan harga termurah.

Kota Praha di Republik Ceska menjadi kota di dunia dengan harga bir termurah. Segelas bir di sana dijual dengan harga US$1,30 atau sekitar Rp. 17 ribu. Di bawah Praha, ada kota Johannesberg di Afrika Selatan yang menjual bir murah dengan harga US$1,70 atau sekitar Rp. 23 ribu per gelas. Kota Lisbon Portugal juga menjual segelas bir dengan harga murah, yakni US$2 atau seharga Rp. 27 ribu per gelas.

Dengan daftar harga rata-rata per gelas yang dikeluarkan Duetsche Bank, kita jadi mengetahui negara mana saja yang menjual bir murah dan negara apa yang menjual bir nya paling mahal. Jadi, negara mana yang ingin dikunjungi?