Anthony Bourdain, Superstar Kuliner Yang Mengakhiri Hidupnya Sendiri

Anthony Bourdain adalah seorang koki, pengarang, dan salah satu tokoh televisi asal Amerika yang sangat berpengaruh di dunia kuliner. Ia dijuluki “Bintang Rock Pertama” oleh Smithsonian Institusion karena perjalanannya yang begitu inspiratif.

Dibalik kesuksesannya, Anthony Bourdain merupakan superstar dunia yang lahir pada 25 Juni 1956, mengakhiri hidupnya sendiri pada usia 61 tahun di sebuah kamar hotel. Saat itu ia sedang memproduksi episode Anthony Bourdain: Parts Unknown di Strasbourg, Prancis tanggal 8 Juni 2018 lalu. Di mana dua bulan sebelum kematiannya ia sempat mengunjungi Jakarta dan Bali untuk Shooting program acara televisi.

Anthony dikenal pertama kalinya di tahun 2000 melalui buku yang berjudul ‘Kitchen Confidential: Adventures in the Culinary Underbelly.’ Tahun 2002 hingga 2003, ia membawakan acara televisi makanan dan jalan-jalan pertamanya ‘A Cook’s Tour 4’ yang tayang di Food Network sepanjang 35 Episode.

Petualangan Anthony ke banyak negara membuat dirinya dikenal sebagai seorang “Anak Nakal Kuliner” yang pembawaanya penuh kharisma, di mana ia adalah sosok pemberani dalam hal mencicip makanan eksotis dan khas daerah. Mulai dari buah zakar domba di Maroko, Hiu Fermentasi, hingga rektum Babi Rusa.

Kecintaan Bourdain terhadap makanan diawali ketika dia berlibur bersama keluarganya ke Perancis saat dirinya masih muda, waktu itu ia makan tiramnya yang pertama di kapal nelayan. Ketertarikannya terhadap industri kuliner dimulai saat dirinya menyambi di sebuah restoran laut kawasan Provincetown, Massachusetts. Kala itu ia sedang menjalani kuliah di Vassar College. Namun setelah 2 tahun Bourdain keluar, dan melanjutkan sekolah di The Culinary Institute of America. Anthony Bourdain pun lulus tahun 1978.

Kehidupan jatuh bangunnya dimulai ketika ia bercerai dengan sang istri, Nancy Putkoski. Bahtera rumah tangganya meregang karena kesibukannya berkeliling dunia untuk menjadi seorang host acara televisi, sehingga waktu dia untuk bertemu anak dan istrinya pun berantakan. Hingga suatu hari terdapat pengakuan dari sang superstar kuliner, bahwasanya ia pernah menggunakan kokain, heroin, dan LSD. 

Hingga akhirnya kabar mengejutkan datang dari Bourdain pada 2018 silam. Sang legenda ditemukan meninggal dunia di kamar hotel, daerah Strasbourg, Perancis. Bourdain ditemukan sahabat karib dia sekaligus yang juga seorang koki asal Perancis, Eric Ripert. Jasadnya ditemukan sekitar Jumat pagi waktu setempat.

Walau telah tiada, sepak terjang Bourdain di dunia kuliner tak akan pernah terlupakan oleh siapapun yang mengenal sosok fenomenal ini. Bourdain adalah salah satu inspirasi terbaik, bagi mereka yang bergelut di dunia kuliner.

Sumber foto: https://www.hollywoodreporter.com/