Minuman Beralkohol Anti Mabuk

Kontradiktif. Itu satu kata yang tepat ketika pada suatu hari telah tercipta minuman beralkohol anti mabuk. Lalu, untuk apa minuman itu diciptakan jika rasa atau hasil akhirnya sama saja seperti menenggak air berwarna lainnya?

Minuman beralkohol sejatinya memang akan membuat mabuk bagi orang yang mengkonsumsinya dalam takaran yang berlebihan. Makanya ada slogan yang bertuliskan “Drink Responsibly”, yang berarti batasilah diri ketika meminum alkohol, jangan sampai alkohol mengendalikan hidup kita. Karena ketika berada di bawah kendali alkohol, hal-hal buruk bisa saja terjadi.

Acapkali, orang yang sedang dalam pengaruh alkohol, apalagi dengan takaran yang sangat berlebih bisa bertindak di luar kehendak dan menghasilkan sesuatu yang buruk, entah bagi diri sendiri atau orang lain. Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukan data bahwa satu dari lima orang dewasa di AS mengalami dampak buruk akibat perilaku mabuk orang lain.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Studies on Alcohol and Drugs memperkirakan, 53 juta orang dewasa mengalami dampak buruk yang disebabkan oleh orang lain yang mabuk pada tahun 2015. Dampak buruk itu dapat berupa cedera fisik hingga kerusakan properti. Studi melibatkan analisis data dari 8.750 orang dewasa berdasarkan data dari National Alcohol’s Harm to Others Survey dan National Alcohol Survey pada 2015.

Penelitian yang lainnya juga menyebutkan bahwa setiap tahun lebih dari USD 48 miliar atau sekita Rp 682 triliun dihabiskan para penenggak alkohol untuk belanja online ketika sedang mabuk. Penelitian melibatkan 2.174 orang dewasa asal AS yang mengonsumsi minuman keras. Dari angka tersebut, 79 persen di antaranya mengaku membeli barang lewat online paling tidak sebanyak satu kali ketika mabuk.

Atas dasar itulah mungkin para ilmuwan yang mempunyai tingkat kecerdasan di atas rata-rata itu menciptakan alkohol sintetik yang bisa diminum tanpa khawatir akan mengalami mabuk.

Dikutip dari Ubergizmo, seorang ilmuwan bernama David Nutt berhasil menciptakan minuman beralkohol yang memungkinkan peminumnya dapat merakasan kenikmatan meneguk alkohol tanpa khawatir akan berada dalam keadaan mabuk. Minuman tersebut bernama Alcarelle.

David Nutt menjelaskan, Alcarelle buatannya itu bisa berinteraksi dengan tubuh dan tidak memberikan efek samping. “Efek alkoholnya memang rumit, tapi akhirnya Anda bisa menargetkan bagian otak mana yang ingin Anda tuju,” kata Nutt

Nutt juga mengaku bahwa saat ini Alcarelle masih dalam tahap pengembangan. Dia benar-benar sangat ingin merancang alkohol sintetik buatannya agar dapat membantu para peminum merakasan kenikmatan meminum alkohol tanpa takut untuk mabuk. Tujuan akhir dari proyek Nutt adalah Alcarelle bisa dijual dipasaran.

Sayangnya, keinginan seorang David Nutt belum bisa terealisasi dalam waktu dekat, karena Alcarelle harus melewati pengujian hingga lima tahun lamanya. Belum lagi berjuang untuk mendapatkan persetujuan lainnya dari banyak pihak, agar minuman tersebut benar-benar aman dikonsumsi.