The Flaming Lips Mungkin Menjadi Band yang Paling Siap Tampil Saat Pandemi

Pandemi sudah cukup mengubah seluruh tatanan hidup yang sebelumnya biasa dijalani. Kegiatan yang dulunya biasa dijalani secara normal, kini harus disesuaikan dengan protokol kesehatan agar tetap berjalan. Seperti konser musik yang bentuknya beralih ke platform digital ataupun digelar secara drive-in concert. Kini muncul inovasi baru yang dibawa oleh band kawakan The Flaming Lips dengan konsep ‘bubble’ andalannya. Mereka bisa tetap mengadakan konser dengan dihadiri penonton meski dipisahkan oleh gelembung raksasa, seperti yang tersaji di acara “The Late Show with Stephen Colbert”.

The Flaming Lips mungkin menjadi band pertama yang penampilannya benar-benar dihadiri penonton secara langsung di tengah pandemi. Band beraliran psychedelic rock itu membawa inovasi baru pada penampilannya di acara televisi “The Late Show with Stephen Colbert”. Dalam video yang telah di unggah di YouTube, terlihat penampilan The Flaming Lips layaknya konser normal yang dipenuhi penonton.

Pada penampilan itu, seluruh personel The Flaming Lips tampil di dalam gelembung raksasa. Para penonton yang hadir juga melakukan hal yang sama dengan menyaksikan penampilan band tersebut di dalam gelembung raksasa. Tak sekedar hadir, para penonton juga bebas bernyanyi dan menggoyangkan badannya ketika lagu dari The Flaming Lips dimainkan. 

Penampilan The Flaming Lips di The Late Show with Stephen Colbert

Dengan menggunakan gelembung raksasa, mereka yang hadir dalam acara tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan dan aman dari risiko penularan Covid-19. Pada kesempatan itu, The Flaming Lips menampilkan salah satu lagu terbaiknya yang rilis di tahun 1999 dengan judul “Race for the Prize”.

Sebenarnya gelembung raksasa memang jadi konsep andalan yang dimiliki oleh The Flaming Lips. Sering kali ketika tampil di panggung, sang vokalis Wayne Coyne kerap tampil di dalam gelembung raksasa dan mendekatkan dirinya ke arah penonton. 

Konsep tersebut juga dipakai dalam video musik terbaru The Flaming Lips yang berjudul “Flowers of Neptune 6”, Dalam video berdurasi empat menit lebih itu, pentolan band Wayne Coyne yang berada di dalam gelembung raksasa berjalan menyusuri padang rumput sambil membawa bendera Amerika Serikat.

Melihat penampilan The Flaming Lips tadi, bisa menjadi inovasi baru bagi para penyelenggara konser untuk menggunakan gelembung raksasa agar penonton tetap merasakan pengalaman yang sama meski tetap di bawah protokol kesehatan. Menarik!