Seluruh Isian Gitar Andra Ramadhan Adalah Momen Tersakral Lagu-Lagu Dewa 19

Andra Ramadhan merupakan gitaris kesayangan kita semua, yang hampir 99% selalu berhasil membuai para pendengar kaset maupun CD Dewa 19 melalui isian-isiannya yang melodius pun sakral, ke dalam keseluruhan album band asal Surabaya tersebut.

Bagaimana dia memberi sebuah titik terang mengenai kehidupan pop rock lokal selanjutnya melalui lagu ‘Kangen’, adalah sebuah pencapaian luar biasa. Gitaran Andra akan selalu berbekas di hati maupun telinga kita semua untuk selamanya. Dengarkan saja betapa awalan lagu ini sungguh menjanjikan. Petikan Andra luar biasa menyeret perasaan melalui cara yang sederhana namun mematikan. Belum lagi ketika sudah sampai ke bagian melodinya, hati berbunga-bunga naik turun dibuatnya. Seperti rindu-rindu mencekam.

Di ‘Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi’ Andra lagi-lagi memberikan pertunjukan berkelas. Siapa yang akan melupakan permainan melodi dia di dalam lagu ini? Saya rasa semua yang pernah mendengarkan kehebatan isian Andra dalam lagu tersebut, akan sepakat untuk mendapuk tembang itu sebagai salah satu langkah besar dia dalam khasanah gitaris Nusantara. Juara.

Masuk ke lagu ‘Tak’kan Ada Cinta Yang Lain’, semakin menunjukan kekugiran Andra. Isian a la Steve Lukather menyerbak wangi di setiap sudut lagu, menyisakan relung-relung nostalgik yang benar-benar tumbuh segar di ingatan kita bersama. Epik.

Dan yang paling sadis ada di track ‘Siti Nurbaya’, yang sarat akan muatan gegap gempar kepositifan. Gila, di sini Andra luar biasa apik dan meyakinkan dalam melakukan isian-isian melodinya. Melodius, mendebarkan, dan teramat indah untuk disia-siakan. Baluran drive sakral Andra saat bermain lead di ‘Siti Nurbaya’ seperti menyentakan otot dan sel-sel tubuh, bahwasanya ada bunyi gitar yang dapat memberikan efek gizi multi positif dalam membangkitkan semangat seseorang yang sedang mendengarkan lagu tersebut. Sangat meyakinkan.

Belum lagi di lagu ‘Satu Hati’. Petikan sekaligus lead Andra seolah-olah seperti sedang memberi pelajaran kepada seluruh gitaris Indonesia, bahwa begitulah semestinya seorang gitaris memberi imbuhan ke dalam sebuah tembang pop balada, agar terdengar magis, manis, meyakinkan, tanpa perlu terdengar berlebihan. Pas.

Lalu coba simak lagi secara seksama lagu ‘Kirana’. Andra bermain total dan maksimal, walau isiannya hanya se-emprit. Melodius mampus menusuk sukma. Ajaib.

Secara komposisi, ketika Once bergabung dengan Dewa, lagu yang paling meyakinkan di antara semuanya adalah ‘Risalah Hati’. Petikannya maut. Memberi gelombang radikal positif yang diperlukan oleh jiwa-jiwa nan kosong. Seperti obat yang selama ini kita cari, di mana di dalamnya terdapat kandungan untuk melakukan renungan mutlak, demi tercapainya kembali jiwa penuh kehakikian yang super murni. Sedap.

Sumber foto: Minews ID