Berhenti Produksi Mobil Super, Rolls-Royce Alih Haluan Produksi Madu

Lagi-lagi pandemi Covid-19 memaksa para pebisnis memutar otaknya untuk tetap produktif. Teranyar produsen mobil mewah asal negeri Ratu Elizabeth mengalihkan sumber dayanya untuk memproduksi madu. Hal ini menggantikan aktivitas produksi mobil yang telah dihentikan sejak bulan Maret lalu.

Pernahkah terlintas di benak Anda bila sebuah produsen mobil mewah kelas dunia beralih memproduksi madu? Ya ini bukanlah sebuah bualan belaka. Rolls-Royce telah memutuskan untuk memproduksi madu selama pandemi virus corona masih merebak. Hal ini sebagai pengalihan selama produksi mobil dihentikan sejak bulan lalu.

Dikutip dari Food & Wine, produsen mobil super asal Inggris itu sedang fokus memproduksi madu yang berasal dari 250.000 lebah dari peternakan yang berlokasi di Goodwood, West Sussex, Inggris. Sejak 2017 silam, Rolls-Royce telah mengelola peternakan tersebut yang nantinya akan menghasilkan madu eksklusif. Dengan lahan seluas 17 hektar, peternakan milik Rolls-Royce memiliki 6 sarang lebah raksasa yang ditempatkan secara terpisah.

Menariknya setiap sarang lebah raksasa tersebut dinamai sesuai nama varian produk dari Rolls-Royce. Di antaranya Phantom, Wraith, Ghost, Dawn, Cullinan, hingga Spirit of Ecstasy. Melalui lahan luas yang dimilikinya, Rolls-Royce bertekad untuk memberikan sumbangsih lebih untuk kelangsungan lingkungan yang berkelanjutan di Inggris.

“Bangunan (pabrik) milik kami yang memperhatikan kelanjutan lingkungan, dengan memiliki kolam termal, sistem pengendalian air hujan, dan perlindungan unggas liar telah menjadikan rumah kami di Goodwood sebagai salah satu fasilitas manufaktur paling ramah lingkungan di Inggris. Melalui proyek ini yang memanfaatkan keanekaragaman hayati di lahan kami, termasuk atap hidup kami yang besar, kami berharap bisa memberikan kontribusi penting untuk konservasi populasi lebah asli Inggris,” ujar pernyataan Rolls-Royce dikutip dari Food & Wine.

Hal menarik lainnya, meski diproduksi dalam jumlah yang besar. Madu dari Rolls-Royce ini tidak dijual secara masif ke pasaran. Madu tersebut akan diberikan secara eksklusif untuk para tamu perusahaan atau pembeli mobil yang datang langsung ke Goodwood dan memilih spesifikasi mobil miliknya sendiri.