Resep Anti Boros Selama Berdiam Diri di Rumah

Keharusan untuk tetap berdiam diri di rumah tentu membuat aktivitas luar ruangan menjadi berkurang. Namun dibalik fenomena ini banyak orang yang merasa bahwa dirinya lebih boros dalam mengeluarkan uang. Ketidakpastian kapan pandemi corona berakhir menjadi penyebab utamanya. Berikut beberapa tips bagi Anda yang kesulitan mengatur keuangan saat masa karantina di rumah.

Kebijakan untuk tetap di rumah selama pandemi corona berlangsung praktis membuat pengeluaran dalam hal rumah tangga menjadi meningkat. Penggunaan listrik dan air yang lebih intens praktis membuat tagihan yang harus dibayar menjadi bertambah. Belum lagi kebutuhan lain seperti internet juga meningkat dari sebelumnya. 

Untuk menyiasati hal tersebut, cobalah untuk mengalihkan anggaran yang sebelumnya terpakai saat keadaan normal untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Misalnya biaya transportasi yang berkurang saat ini bisa dipakai untuk membayar tagihan yang harus Anda bayar. 

Bagi sebagian orang yang terbiasa beraktivitas di luar rumah tentu lebih sering untuk makan di luar. Kebiasaan ini akhirnya ikut terbawa saat kebijakan work from home di berlakukan. Akhirnya mereka yang memiliki kebiasaan ini sering memesan makanan melalui ojek online dan merogoh kocek yang tak sedikit untuk sekali makan.

Maka dari itu solusi terbaiknya adalah dengan mencoba memasak sendiri di rumah. Dengan memasak, Anda bisa mengatur jumlah bahan yang Anda perlukan untuk membuat makanan dan secara tidak langsung juga mengatur pengeluaran untuk membeli kebutuhan tersebut. Mempersiapkan anggaran dalam makan bisa menjadi cara yang efisien untuk mengontrol pengeluaran Anda. 

Misalnya dalam sekali makan, budget yang dikeluarkan sebesar 20 ribu rupiah. Dengan begitu Anda bisa merencanakan anggaran makan untuk jangka waktu mulai dari harian hingga bulanan. 

Setelah kebutuhan makanan Anda berhasil diatur dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan untuk menyisihkan sebagian uang untuk dana darurat. Cara ini sangat penting untuk dilakukan mengingat sampai saat ini belum dipastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir di Indonesia. 

Setidaknya Anda dapat membuat perencanaan anggaran untuk kebutuhan hingga tiga bulan ke depan. Dengan memiliki dana darurat, Anda bisa lebih siap untuk menghadapi segala skenario dari baik hingga yang terburuk seperti pemutusan kerja (PHK). 

Saat awal memulai menyisihkan dana darurat memang sulit untuk menepis godaan untuk membelanjakan uangnya. Pembentukan mindset untuk tidak boros menjadi penting dilakukan agar Anda bisa lebih bijak dan berhati-hati dalam mengeluarkan uang.