If You Tolerate This, Then Your Children Will Be Next

If You Tolerate This, Then Your Children Will Be Next

Dunia YouTube lokal yang belakangan diinvasi oleh artis-artis televisi, akhirnya membuat media sosial tersebut untuk wilayah Indonesia mulai terlihat membosankan.

Betapa jenuhnya penonton seperti saya dan Anda, diperlihatkan kekayaan fatamorgana a la Raffi Ahmad, Andre Taulany, Sule, Ahmad Dhani dan Ari Lasso, di mana pelbagai konten yang mereka pertunjukan berputar-putar di sekitar hal remeh temeh, anti pengetahuan, namun sarat akan volume pamer. Belum lagi konten-konten kolaborasi mereka dengan geng Attta Halilintar Cs, sedih melihatnya. Para penggemar mereka seperti kerbau yang sedang dicocoki hidungnya, mau mau dan nurut nurut saja dengan yang dibilang dan diperlihatkan para idolanya. Padahal isinya benar-benar seperti tong kosong, nyaring di judul saja. Ini sih sama saja ngajak mundur bareng-bareng. Menyedihkan.

Perbincangan yang mereka pertontonkan pun hampir sebagian besar tidak pernah ada isinya. Hanya celetukan-celetukan kosong, ujaran cemen, lawakan slapstick, yang nyatanya hal-hal dangkal seperti ini begitu diminati oleh sebagian besar pemirsa YouTube Indonesia.

Mungkin ada baiknya dari pihak YouTube untuk mulai menunjukan kepeduliannya terhadap kualitas konten semacam itu. Karena jika negeri ini terus menerus dijejali oleh video-video persembahan dari nama-nama di atas secara sporadis, kelak generasi kita selanjutnya akan menjadi sejarah kedangkalan tontonan infotainment dari negara ini. Dan, yang terjadi adalah kebodohan massal untuk jangka waktu yang lama.

Maukah Anda dan keturunan Anda menjadi bagian dari sejarah yang sebenarnya tidak terlalu diinginkan tersebut? Seperti syair lagu salah satu band terbaik dari Inggris, Manic Street Preachers, “If You Tolerate This..Then Your Children Will Be Next”. Judulnya sungguh menohok, dan korelasinya kuat dengan fenomena yang sedang dialami oleh dunia YouTube Nusantara. Ya, pertimbangkan saja lirik lagu itu, sebelum semuanya terlanjur basah.

Vantage Banner Ads