Wujud Hari Ini Merupakan Ramalan Masa Lalu

Wujud Hari Ini Merupakan Ramalan Masa Lalu

Dahulu sewaktu kecil seringkali orang-orang yang usianya lebih tua dari generasi sebelumnya kerap berucap bahwa di era 2000 sekian akan terjadi ini itu.

Mereka memprediksi. Semisal komunikasi bisa dilakukan melalui sebuah pesawat kecil yang seperti sekarang kita kenal dengan sebutan drone. Atau orang bakalan ngobrol melalui komputer, terus musisi akan banyak manggung melalui layar digital. Dan benar saja semua itu terjadi. Yang ngobrol-ngobrol kita kenal dengan sebutan online chatting, yang manggung lewat digital kita ketahui sebagai YouTube Live Streaming, Instagram Live, hingga ke Zoom Live.

Coba tanya saja kepada om atau tante kalian, benar tidak apa yang disebut dalam prolog di atas. Malah sebelumnya (baru saja saja beberapa belas tahun yang lalu) tepatnya di tahun 2008, penulis memprediksi fenomena jentik jari melalui sebuah tulisan di majalah ibu kota yang dikenal oleh masyarakat metropolis era itu dengan sebutan Area Magz, mengenai online transportation. Di tulisan tersebut menyebut bahwa orang akan dengan mudahnya memesan makanan, minuman, massage, hingga bebersih, melalui sebuah aplikasi seperti yang sekarang tertanam di dalam handphone kita semua.

Dulu juga sempat ada yang meramalkan bahwa Indonesia akan kedatangan sebuah alat transportasi yang bakal memudahkan kehidupan orang banyak. Di mana disebut orang cukup sekali bayar saja untuk pergi ke manapun. Dan hal itu terwujud dengan kemunculan Trans Jakarta maupun MRT. Dulu juga sempat ada ucapan-ucapan dari generasi tua bahwa di sebuah zaman, jumlah orang jahat dan baik akan berimbang, dan kenyataannya, Anda terka-terka saja sendiri.

Dan dulu juga sempat ada yang memprediksi bahwa Indonesia di era 90 dan 2000-an akan terdapat banyak mol, di mana umur mereka ini tidak akan terlalu lama. Sekarang Anda bisa lihat melalui mata kepala sendiri,  beberapa tahun belakangan ini pertumbuhan mol sangatlah deras dan hadir dalam jumlah yang kampiun. Lalu lihat sekarang nasibnya, perkembangan mereka sedang ditentukan oleh semesta. Apakah semua yang diramalkan di masa lalu benar adanya?

Share this article :
Vantage Banner Ads