Pengaruh Hysteria, Photograph Milik Def Leppard

Pengaruh Hysteria, Photograph Milik Def Leppard

Serak-serak lengking Joe Elliot sebagai pemimpin Def Leppard, sukses menaburkan benih-benih nada cinta di setiap lagu rock maupun pop yang hingga hari ini masih kita anggap bagus.

Utamanya lagu ‘Hysteria’, yang berhasil membuka babak baru ‘Rock Sedang, Perlahan Membius’ menjadi gerbang penyelamatan bagi musik-musik semacam Def Leppard. Tak perlu dipungkiri lagi, jika banyak sekali rejeki musisi maupun band yang pintunya dibukakan oleh grup asal Inggris tersebut. Di Indonesia yang sukses mengkopi not-not haru Def Leppard salah duanya adalah grup Adegan (Gilang Ramadhan, Harry Moekti, Indra Lesmana) dan Dewa 19.

Bunyi gitar bersih yang saut menyaut dengan suara distorsi sedikit malu-malu, menjadi pola sederhana tapi mematikan dari duet solid Phil Collen (gitar) serta Steve Clark (gitar) pada album-album awal Def Leppard. Mereka berdua termasuk gitaris penulis lagu terproduktif dari kancah pop rock dekade 80. Kekuatan trengginas keduanya terpaparkan dalam lagu Def Leppard yang paling tenar di seluruh dunia: Photograph.

Lalu kontribusi luar biasa penabuh drum Rick Alen menjadi poin vital grup ini. Kesederhanaan aransemen yang menjadi ciri khas semua lagu Def Leppard berasal dari pukulan-pukulannya. Meski Rick harus melakukan tugasnya sebagai drummer hanya dengan satu tangan, namun sejak tragedi kecelakaan malam tahun baru 1984 yang merenggut tangan kirinya tersebut, semua gubahan Rick di dalam lagu-lagu band ini menjadi lebih menyala dan bernyawa. Dengarkan ‘Animal’ yang terdapat di dalam album fenomenal Hysteria, di dalam lagu tersebut Rick membubuhkan bunyi drum yang menandakan bahwa hanya Def Leppard lah yang memiliki sound drum seperti itu.

Kontribusi gitaris Rick Savage sebagai pengganti mendiang Steve Clark memang tidak terlalu signifikan. Namun meski begitu ia cukup pantas mendampingi Phil Collen sebagai tandem, baik di atas panggung maupun dalam hal penulisan lagu. Hal tersebut dia buktikan dalam lagu ‘Let’s Get Rocked’. Video lagu tersebut pada masanya mendapat penayangan yang luar biasa sering dari pihak MTV. Dalam sehari bisa sampai tiga kali tayang.

Oh, I get hysterical, hysteria
Oh can you feel it, do you believe it?
It’s such a magical mysteria
When you get that feelin’, better start believin’
‘Cause it’s a miracle, oh say you will, ooh babe
Hysteria when you’re near

Share this article :
Vantage Banner Ads