You Can’t Stop Us, Perayaan Olahraga Sebagai Sumber Inspirasi Manusia

You Can’t Stop Us, Perayaan Olahraga Sebagai Sumber Inspirasi Manusia

2020 menjadi tahun penuh peluh bagi setiap insan di seluruh dunia. Pandemi Covid-19 jelas mempengaruhi segala aspek kehidupan. Sudah tak terhitung seberapa besar dampak yang ditimbulkan pandemi. Kini bermunculan berbagai pesan penyemangat untuk kembali bangkit di tengah kesulitan. Dunia olahraga sebagai salah satu bidang yang cukup terpengaruh bergegas kembali pulih meski tak seperti sebelum pandemi. Seperti yang dibuat oleh salah satu merek olahraga ternama dunia, Nike, dalam video kampanye yang bertajuk ‘You Can’t Stop Us’.

Nike dikenal sebagai salah satu merek yang konsisten dalam memberi pesan inspiratif di setiap kampanyenya. Seperti yang tersaji dalam video bertajuk ‘You Can’t Stop Us’ yang berisikan banyak pesan berkaitan dengan beragam isu terhangat saat ini. Video tersebut menyimpan berbagai makna untuk menghormati kesetaraan serta tidak membeda-bedakan ras.

Dilansir dari laman resmi Nike, video ‘You Can’t Stop Us’ dinarasikan oleh bintang Tim Nasional Sepakbola Wanita Amerika Serikat, Megan Rapinoe. Dalam narasinya, Top Skorer Piala Dunia Wanita 2019 itu menitikberatkan olahraga sebagai sumber dari inspirasi bagi banyak orang.

Video kreasi Nike itu dibuat dengan 4000 potongan rekaman dari 24 jenis olahraga yang menampilkan 53 atlet, dan digabungkan menjadi seri split screen dinamis. Teknisnya, gerakan para atlet tersebut digabungkan dengan atlet lainnya dalam satu layar sehingga terlihat seperti satu gerakan yang serupa.

Dalam video ‘You Can’t Stop Us’ menampilkan deretan atlet terkenal dari berbagai cabang olahraga yang di antaranya LeBron James, Naomi Osaka, Eliud Kipchoge, Caster Semenya, Cristiano Ronaldo, Giannis Antetokounmpo, Serena Williams, Colin Kaepernick, Kylian Mbappé, dan tentunya Megan Rapinoe.

Video Nike `You Can’t Stop Us’

“Para atlet mungkin telah kembali ke lapangan, namun kami tidak akan kembali ke normal yang lama. Kita perlu terus menata dunia dan menjadikannya lebih baik,” kata Rapinoe dalam narasinya.

“Kita melihat orang-orang di jalanan menggunakan suaranya dan suara mereka sekarang ini telah didengar. Saya mengajak semua orang untuk merasakan semangatnya melalui momen ini untuk tidak pernah menyerah. Saya percaya ini adalah tanggung jawab semua orang dalam menyokong perubahan,” tandas Rapinoe.

‘You Can’t Stop Us’ juga menampilkan beberapa rekaman yang menyasar tentang isu Black Lives Matter yang sedang mengemuka, juga perihal pandemi Covid-19.

“Kami tahu bahwa banyak hak tidak selalu berjalan seperti yang kita inginkan. Namun bagaimanapun, kita akan menemukan jalan keluarnya, dan ketika terjadi lagi ketidakadilan, kita akan berjuang bersama demi perubahan,” tambah Rapinoe.

Menjadi Viral

Sejak diunggah ke YouTube pada Kamis lalu, video ‘You Cant’t Stop Us’ menjadi viral dan sudah ditonton sebanyak 39 juta kali. Video tersebut juga menarik banyak komentar yang mendukung kampanye brilian tersebut. Namun banyak juga komentar yang mengkritik Nike karena merek asal negeri Paman Sam itu disinyalir masih tak adil dengan tenaga kerja yang berada di luar Amerika Serikat.

Meski begitu, Nike telah berhasil menyadarkan masyarakat dunia betapa olahraga mampu menjadi pembawa pesan perdamaian bagi dunia dan menjadi inspirasi untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

“Tidak penting seberapa buruknya kesulitan ini, kita akan selalu kembali untuk lebih kuat. Karena tidak ada yang bisa dihentikan ketika kita berjuang bersama,” tutup Rapinoe dalam video ‘You Can’t Stop Us’.

Share this article :
Vantage Banner Ads