M83: Saturday Youth

Bagi setiap pemuka indie pop bercabang dream pop yang tidak bisa move on dari era tengah 2000 di mana pun mereka berada, album ini lebih berharga ketimbang masa-masa kuliah mereka.

Anthony Gonzales sebagai multi instrumentalis pencetus M83, berhasil membuat mimpi-mimpi baru romantik masa indah 2000-an, di mana album ini sukses besar mencerahkan khasanah muda mudi dimabuk kepayang pada masa itu. Kisah cinta hipster kala tersebut teramat banyak menggunakan lagu ‘Kim & Jessie’ sebagai soundtrack perjalanan cinta mereka dalam memadu kasih. ‘Graveyard Girl’ pun sering digunakan sebagai tembang pengiring dongeng piknik para remaja pemuja tahun 2007 – 2008, sebagai pemicu nafsu mereka dalam berkegiatan makan, seni, dan pergaulan.

Saturday Youth merupakan simbol album dongeng manis masa tengah 2000. Di mana Jakarta pada masa tersebut amatlah cantik. Kita masih bisa hilir mudik dari satu tempat ke tempat lainnya dengan perkiraan waktu. Ohya, pergerakan Laneway pun baru saja dimulai. Meski di Multiply banyak beredar gosip macet dan hiruk pikuk Obama serta Jokowi yang baru saja memasuki kancah politik, namun itu semua kami anggap angin lalu. Dan, terpenting, album ke-5 M83 ini adalah hiburan yang ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan indie pop dasawarsa itu.

‘Saturday Youth’ terlahir sebagai fenomenal monumental album. Rilis tahun 2008, dan akan selalu dikenang sebagai salah satu sumber dream pop paling meyakinkan sepanjang sejarah indie pop berkiprah di kehidupan dunia.