Liga Primer Rusia Perbolehkan Penonton Datang ke Stadion. Ada Komentar?

Memasuki bulan Juni, beberapa liga sepakbola di Eropa sudah bersiap untuk kembali memulai kompetisi menyusul Bundesliga Jerman. Kebanyakan dari Liga-Liga Eropa sudah memastikan bahwa mereka melarang penonton hadir untuk mencegah penularan Covid-19. Berbeda halnya dengan Liga Primer Rusia, kompetisi tertinggi di negara Eropa Timur itu akan mengizinkan penonton untuk hadir di stadion saat pertandingan. Tak ayal, keputusan ini menjadi pembeda di tengah pandemi Covid-19.

Liga Primer Rusia akan kembali bergulir pada 21 Juni 2020 mendatang. Berbeda dengan Liga Eropa lainnya. Kompetisi kasta tertinggi Rusia itu akan memperbolehkan para penonton datang ke stadion saat pertandingan berlangsung. Kepastian ini diperoleh saat Menteri Olahraga Rusia pada Jumat (29/5) kemarin mengumumkan perizinan kelanjutan Liga Primer Rusia.

“Sangatlah penting bahwa kelanjutan kompetisi sepakbola dengan kehadiran para penonton, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Saya telah menyaksikan pertandingan Bundesliga dan suasananya sangat aneh. Pertandingan berjalan tanpa emosi dan tanpa kehadiran penonton, pertandingan sepakbola bukanlah seperti hal yang kita kenal sebelumnya,” ujar Oleg Matysin, Menteri Olahraga Rusia dikutip dari Reuters.

Seperti yang diketahui, beberapa kompetisi sepakbola Eropa akan kembali bergulir pada bulan depan. Seperti Premier League Inggris dan Serie A Italia yang akan kick off pada 20 Juni, dan La Liga Spanyol pada 11 Juni 2020. 

Kembali ke Rusia, badan pengawas kesehatan setempat sebelumnya telah menyetujui bahwa para penonton yang diperbolehkan hadir di stadion adalah sebesar 10 persen dari kapasitas maksimal stadion.

Sampai Liga Primer Rusia berhenti di Maret lalu, sang juara bertahan Zenit St. Petersburg memimpin klasemen sementara dengan perolehan 50 poin dari 22 pertandingan. Zenit berjarak 9 poin dari tim di bawahnya yakni Lokomotiv Moscow dan Krasnodar yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Selain mengizinkan kehadiran penonton di stadion sepakbola, Rusia juga mengizinkan atlet dari luar negeri untuk berkompetisi di negara tersebut meskipun perbatasan negara masih ditutup bagi para pendatang.