Di kala hati bimbang dan sedang butuh penyemaian suasana, tembang-tembang apik semacam ‘Risalah Hati’ Dewa, ‘Strawberry Field’ The Beatles, hingga untaian nada-nada asmara Surf Rock dari Babe Rainbow serta Richard Swift sungguh mampu melipur lara yang sedang bengkok akibat hujaman wabah Covid 19 yang tiada henti-henti menyerbu dan menebar kekalutan.

Lagu-lagu elok tersebut silih berganti menghibur kuping menemani larut sepi yang belakangan ini menjadi teman loyal sebagian besar insan lokal di berbagai pojokan rumahnya masing-masing. Ini merupakan pengamatan penulis dari beberapa komentar yang ditemukan dalam segelintir kanal YouTube Indonesia.

Selain pilihan barusan, ada juga lagu-lagu baru yang cukup berhasil membangkitkan gairah untuk tetap tersenyum di masa-masa gundah gulana ini. Sebut saja karya dari Mac DeMarco yang berjudul ‘Freaking Out The Neighborhood’ hingga ‘French Press’ dari Rolling Blackouts Coastal Fever.

Memang ada baiknya kita mulai membiasakan diri dengan perjalanan yang baru saja dimulai ini, yaitu lebih lekat lagi dengan rumah. Da untuk mendampingi segala keterbatasan tersebut, musik menjadi salah satu terapi yang memiliki kemampuan ganda dalam membuat manusia menjadi lebih tenang bin sabar.

Musik akan membuat masa karantina terasa lebih santai untuk dijalani, dan dengan membiarkan ‘nada-nada sehat’ berkelana di pikiran kita, tentu saja hal itu dapat membantu kita terjauhkan dari stres. Di mana stres sendiri merupakan sesuatu yang harus benar-benar kita hindari agar tidak mudah terjangkiti Covid 19.