Belum berakhirnya masa pandemi sampai hari ini kian memastikan umat muslim akan merayakan hari kemenangan dengan nuansa berbeda. Alasan kesehatan jelas jadi latar belakangnya. Tak bisa pulang ke kampung halaman, hingga terancam tak bisa menunaikan Salat Idul Fitri menjadi hambatan besar yang harus dihadapi. Praktis Lebaran 2020 diyakini akan menjadi momen yang tak terlupakan sepanjang masa.

Hari Raya Idul Fitri atau lebaran menjadi momen yang selalu dinanti setiap umat muslim di dunia. Pada perayaan inilah, kemenangan yang sebenarnya diraih setiap orang yang berhasil menuntaskan perjuangannya di bulan suci Ramadan. Selain itu, lebaran menjadi momen bertemunya dengan sanak keluarga dalam suasana yang menyenangkan.  Namun, pandemi yang sedang merebak kini dipastikan mengubah hal yang biasanya dilakukan selama hari kemenangan.

Pandemi kali ini membuat banyak orang yang merantau tak bisa pulang ke kampung halaman. Banyak dari mereka yang terpaksa menjalani lebaran seorang diri di tanah perantauan. Atau kegiatan sakat Idul Fitri yang pelaksanaannya terpaksa dibatasi di beberapa kawasan.

Mungkin momen lebaran ini adalah momen yang menyedihkan bagi sebagian orang, namun sebenarnya perayaan Idul Fitri tahun ini menyimpan beberapa kebahagiaan yang sebelumnya tak disadari. 

Hal pertama, momen lebaran ini bisa saja mendekatkan kita pada tetangga di sekitar kediaman. Baik Anda yang tinggal di rumah atau kos, cobalah untuk berkumpul sejenak dengan tetangga. Momen ini bisa saja menjadi pelipur lara bagi Anda yang merasa kesepian di hari kemenangan ini.

Selain itu, lebaran tahun ini menyajikan fenomena lain di masyarakat. Pemberian hampers menjadi ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Hampers sebenarnya tak ubahnya parcel yang biasa dibagikan menjelang lebaran untuk para kolega atau rekan kerja. Menjadi lain karena hampers ramai diperuntukkan untuk teman dan orang-orang terdekat.

Seketika, media sosial diramaikan oleh unggahan netizen yang mendapatkan hampers dari orang-orang terdekatnya. Hal ini menjadi hal baru dalam perayaan Idul Fitri tahun ini. Hampers pun menjadi penyemarak lebaran di tengah pandemi yang sedang mewabah saat ini.

Beberapa hal tadi adalah fenomena yang terjadi di perayaan lebaran tahun ini. Meski pandemi ini mengubah hari kemenangan yang biasa dirasakan, kita bisa melihat sisi baik dari perubahan yang terpaksa dijalani. Karena pada intinya, kita tetap pantas merayakan kemenangan setelah sebulan lamanya ditempa Ramadan.

Selamat berlebaran!