Film seringkali menjadi media yang menjadi cermin kehidupan. Betapa kisah keseharian yang biasa dialami di masyarakat sering diangkat ke dalam layar lebar dan tak pernah mengecewakan. Hal inilah yang juga diangkat melalui Mudik, sebuah film karya sutradara Adriyanto Dewo. Film ini menceritakan kisah sepasang suami istri yang menjalani perjalanan pulang kampung yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Film Mudik resmi tayang di Mola TV mulai hari ini. Karya dari sutradara Adriyanto Dewo ini menjadi pembuka kerjasama antara Mola TV dan rumah produksi Lifelike Pictures.

Film Mudik dibuka dengan perjalanan sepasang suami istri yang sedang bergegas menuju kampung halaman. Adalah Aida (Putri Ayudya) dan Firman (Ibnu Jamil) yang menjadi lakon cerita pada film tersebut. Pasangan suami istri itu sedang berada dalam pusaran konflik yang cukup pelik dalam pernikahan mereka. Dan melalui perjalanan mudik ini mereka berupaya mencari solusi dengan berpulang kepada keluarganya.

Namun, perjalanan yang ditempuh Aida dan Firman tak semulus yang diharapkan. Di tengah momen yang seharusnya membahagiakan itu, mereka bertemu dengan Santi (Asmara Abigail) dengan alasan yang tragis. Tak pelak, perjalanan mudik yang dijalani Aida dan Firman bukan tentang pulang untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Namun bagaimana mereka harus mengalami serangkaian konflik yang berdampak pada pernikahan mereka.

Dikemas Secara Natural

Film Mudik melakukan pengambilan gambarnya pada 2018 lalu, jauh sebelum pandemi Covid-19 mewabah. Seperti judulnya, film ini menggambarkan suasana mudik yang telah  menjadi tradisi di tanah air menjelang lebaran. Berbagai detil ditampilkan secara apik untuk membangkitkan suasana mudik yang telah kita ketahui bersama.

Berbagai momen mulai dari ramai kemacetan lalu lintas hingga segala hiruk pikuk momen pulang kampung berhasil ditampilkan dalam film Mudik melalui berita di televisi, siaran radio, hingga pengambilan gambar seperti orang yang sedang mudik dengan sepeda motor menjadi gambaran yang disajikan dalam film Mudik.

Official Trailer Film Mudik. Sumber: Youtube

Selain perjalanan mudik yang digambarkan secara natural, momen lainnya juga turut ditampilkan seperti kejadian yang tak dibuat-buat. Momen takbiran benar-benar menampilkan suasana yang begitu semarak, hingga prosesi Shalat Idul Fitri yang benar-benar dipenuhi orang banyak.

Penuh Konflik, Namun Tak Didramatisasi

Seperti di awal tadi, film Mudik menceritakan konflik yang terjadi di pernikahan Aida dan Firman. Melalui setiap adegan, penonton diantarkan menyelami permasalahan yang sedang dihadapi pasangan suami istri tersebut. Tak hanya konflik antara Aida dan Firman saja, Mudik juga menceritakan permasalahan kompleks lainnya yang dihadapi mereka selama perjalanan menuju kampung halaman.

Meski didera permasalahan yang bertubi-tubi, nyatanya film ini mengemas setiap konflik dengan komposisi yang pas dan tanpa didramatisasi. Semua berjalan begitu mengalir menuju inti permasalahan sebenarnya. Jika melihat bagaimana Aida dan Firman bertengkar, penonton akan diantarkan untuk merasakan emosi yang dirasakan oleh mereka. 

Dengan semua detil dan konflik yang digambarkan dalam Mudik, film tersebut menampilkan cerita yang dekat dengan keseharian masyarakat tanah air. Mulai dari momen pulang kampung yang ditampilkan apa adanya, hingga pengolahan konflik yang dikemas secara rapi membuat Mudik menjadi patut untuk ditonton. 

Film Mudik dibintangi oleh Putri Ayudya, Ibnu Jamil, Asmara Abigail, dan Yoga Pratama. Anda bisa menikmati film tersebut secara eksklusif di Mola TV dengan membeli tiketnya seharga Rp 17.000.

Kredit foto: Mola TV Press