Mengenang Echobelly : ON

Mereka merupakan suksesor dari para pendahulu seperti: Elastica, Blondie, hingga Patty Smith Group. Memulai debut dengan album ‘Everyone’s Got One’, perlahan tapi pasti, di tahun 1995 Echobelly menunjukan taring runcingnya dalam album ‘On’, yang lagu-lagunya teramat krusial dan influensial bagi tumbuh kembang band-band bervokalis perempuan saat itu.

Semua lagu yang ada di album ‘On’, kualitasnya sama semua, bagusnya merata. Baik produksi maupun aransemen. Kekuatan vokal Sonya Madan dalam menguak tabir keeleganan Echobelly di dalam setiap lagu sungguhlah prima. Perempuan kelahiran New Delhi India ini sanggup memberi warna tajam terhadap musik Echobelly, sehingga di era tersebut band ini terlihat serta terdengar berbeda dari band-band bervokalis perempuan kebanyakan. Saya sih lebih memilih Echobelly ketimbang The Cardigans.

Glen Johansson (gitar), Debbie Smith (gitar), Alex Keyserr (bas), dan Andy Henderson (drum), terampil menyesuaikan masing-masing alat musik pegangan mereka dengan kekhasan suara Sonya Madan. Eksekusi track-track ‘Car Fiction’, ‘King Of The Cerb’, ‘Great Things’, ‘Natural Animal’, dan ‘Go Away’, benar-benar membuktikan singgasana Echobelly sebagai salah satu kumpulan grup rock asal Inggris yang layak disegani sekaligus dihormati. Cengkok-cengkok Sonya ketika bersenandung merupakan nada-nada mewah yang kami prediksi akan sangat susah muncul lagi di abad ini. Perbandingannya 1 versus Sejuta.

Di lagu-lagu lainnya seperti ‘Pantyhose and Roses’ dan ‘Something Hot in a Cold Country’, semakin terasa kesadisan Echobelly dalam menetapkan jejak pijak kedigdayaan mereka sebagai pionir tembang-tembang berkelas dari band yang bervokaliskan perempuan. Semua berkualitas di atas rata-rata.

Sudah sepatutnya seluruh band-band dengan penyanyi wanita berterima kasih terhadap warisan yang diturunkan oleh Echobelly. Dunia pop sejak Echobelly berkiprah menjadi lebih semarak, berwarna, serta naik kelas. Dan, seluruh vokalis perempuan di dalam sebuah band yang didominasi oleh kaum pria, menjadi sebuah paket menarik yang begitu menyenangkan untuk didengar maupun disaksikan. Terima kasih Echobelly!