MusicVanews

Tur Konser Coldplay di Tahun 2022 Mengusung Konsep Ramah Lingkungan

Tur konser Coldplay

Grup band asal Inggris, Coldplay akan menggelar tur konser dunia bertajuk “Music of the Spheres” pada tahun 2022 dengan mengusung konsep yang ramah lingkungan.

Dihimpun dari laman resmi Coldplay, tur konser Coldplay yang ramah lingkungan ini akan dimulai pada 18 Maret hingga 29 Oktober 2022 di 30 tempat berbeda dari berbagai negara.

Musisi H.E.R dan London Grammar juga hadir menjadi pembuka tur konser yang digelar Christ Martin dan yang lainnya.

Sebelumnya, Coldplay memutuskan untuk tidak melakukan konser tur album “Everyday Life” di tahun 2019 karena merasa merusak lingkungan dengan meninggalkan karbon dalam setiap konsernya.

Merasa perlu menghibur para penggemar, Coldplay memutuskan untuk menggelar konsernya di tahun 2022 yang netral dari karbon.

Baca juga: 5 Fans yang Berhasil Membuat Idolanya Terkesan di Atas Panggung

Konsultan ahli Paul Schurink, pendiri Zap Concepts digandeng Coldplay untuk merancang panggung konser yang nantinya dinilai akan mengurangi emisi sebesar 50 persen, yang dibandingkan dengan tur-tur konser sebelumnya.

Coldplay

Seluruh konsep konser yang ramah lingkungan dipersiapkan Paul secara sangat matang.

Dia memperhatikan setiap elemen-elemen dalam panggung mulai dari bahan bangunan panggung, makanan dan minuman yang disajikan, hingga meminimalisir limbah yang dihasilkan konser dan mendaur ulang seluruh sampah yang ada.

Setiap panggung akan menggunakan kombinasi bahan yang ringan, rendah karbon, dan dapat digunakan kembali pada konser berikutnya.

Nantinya, lantai panggung pada konser akan diberikan teknologi canggih berupa energi tata surya dan kinetik.

Dengan hal tersebut, seluruh pergerakan yang ada pada lantai panggung akan menjadi energi utama pada tur konser Music of the Spheres.

Selain itu, generator pada tur konser Coldplay menggunakan bahan bakar Hydrotreated Vegetable Oil, yang berasal dari hasil daur ulang minyak sayur.

Apabila memungkinkan, bahan bakar ini akan menjadi bahan bakar utama pada bus dan truk selama jalannya konser.

Paul juga memikirkan gelang LED yang akan dikenakan oleh seluruh penonton konser Coldplay. Seluruh gelang menggunakan 100 persen bahan nabati yang nantinya dapat dikomposkan.

Belum selesai, tur konser Coldplay ini juga akan membersihkan sampah-sampah yang ada di luar konser karena mensponsori beberapa lembaga lingkungan seperti Client Earth, One Tree Planted, The Ocean Cleanup, hingga 12 organisasi ramah lingkungan lainnya.

Melihat hal di atas, kita sebagai penggemar Coldplay patut bangga karena Chris Martin, Guys Berryman, Johnny Buckland, dan Will Champion sangat peduli terhadap isu lingkungan. Angkat topi untuk Coldplay!

Mahesa Jenar

Suga BTS Positif Covid 19, Gimana Keadannya?

Previous article

Anak Kelas 4 SD Menjual Gambar di Shopee Tuai Pujian dari Netizen

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *