Vantips

4 Tips Merawat Mesin Mobil agar Tetap Sehat Seperti Baru

Tips Merawat mesin mobil

Banyak hal positif yang dimiliki apabila anda rutin merawat mesin mobil, salah satunya adalah umur mobil yang panjang.

Mobil yang digunakan secara harian sangat perlu untuk diperhatikan kesehatan mesinnya, dengan begitu mobil anda tetap nyaman dikendarai dalam segala kondisi yang ada.

Berikut kami informasikan 4 tips merawat mesin mobil agar selalu sehat seperti baru.

Rutin ke Bengkel Resmi

Tips merawat mesin mobil yang pertama adalah dengan rutin mengecek mobil pada bengkel resmi.

Biasanya, mobil direkomendasikan untuk diservis ketika setiap menyentuh angka 10 ribu km. Kami menyarankan anda untuk mengecek mobil anda di bengkel resmi agar dapat dipastikan keamanannya.

Kami menyarankan anda untuk rutin mengeceknya karena apabila anda lupa, rusaknya komponen pada mobil mungkin saja terjadi.

Ganti Oli Secara Rutin

Rutin mengganti oli menjadi salah satu hal yang utama dalam merawat mesin mobil, karena oli berfungsi sebagai penahan gesekan ketika mesin sedang bekerja.

Normalnya, oli diganti setiap 3 ribu km sampai dengan 5 ribu km, ada juga yang 5 ribu km sampai 10 ribu km. Itu semua tergantung dengan tipe oli yang anda gunakan.

Apabila mobil anda digunakan sebagai transportasi utama dalam melakukan berbagai hal, pastikan anda mengecek jarak tempuh mobil yang ada pada indikator speedometer.

Baca juga: Rekor Mobil Tercepat di Dunia Masih Dipegang Koenigsegg Agera RS

Merawat Aki

Aki merupakan salah satu komponen yang paling penting dirawat karena memang mesin tidak akan menyala apabila aki mobil rusak.

Bagi anda yang memiliki aki cair, pastikan air pada aki jangan sampai habis atau kering. Anda hanya perlu memastikan air sesuai dengan garis yang ada pada aki.

Sementara itu, mobil dengan aki kering tidak begitu sulit untuk dirawat. Kami merekomendasikan anda untuk mengeceknya selama 3 bulan sekali di bengkel.

Ketahui Cara Berkendara yang Ramah bagi Mesin

Tips merawat mesin mobil yang berikutnya adalah mengetahui cara berkendara yang ramah bagi mesin.

Ini kami khususkan bagi pengguna mobil dengan transmisi manual. Apabila anda tidak menggunakan gigi yang tepat, mesin mobil anda akan bekerja secara paksa.

Sebagai contoh, ketika di dalam tol anda melaju dengan kecepatan hampir 80 km/jam, anda malah masuk ke dalam gigi dua. Ketika itu terjadi, mesin mobil akan langsung berbunyi dan itu menandakan mesin memaksakan kerjanya dan akhirnya rusak.

Dengan anda berkendara secara nyaman dan tenang, mobil anda akan memiliki kecepatan yang stabil dan itu merupakan hal yang sangat ramah bagi mesin.

Itulah 4 tips merawat mesin mobil yang wajib anda ketahui agar mobil anda selalu terasa seperti baru.

Mahesa Jenar

5 Rekomendasi Tempat Minum Beer di Jakarta Barat yang Wajib Dikunjungi

Previous article

Insidious Part 5 akan Tayang dalam Waktu Dekat!!

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *