Features

The Defiant Ones: Urai Kebusukan Hiphop dan Perseteruan Omong Kosong East Coast West Coast

the defiant ones netflix
the defiant ones netflix

Sudah lama tidak muncul film dokumentasi musik yang selengkap ‘The Defiant Ones’. Ini merupakan kumpulan footage yang terbilang lengkap, karena Jimmy Iovine dan Dr. Dre selaku narasumber utama, memiliki bahan komplit, sekomplit-komplitnya. Bisa dibilang mereka merupakan tetes awal vlogger musik masa lalu. Saksikan saja sendiri.

Film seri ini dimulai dengan perjalanan 70-an Jimmy Iovine muda, nan penuh keriangan. Jimmy mendapat ujian pertama kala menangani album ‘Born to Run’ Bruce springsteen. Di mana kepusingan dia selama menggarap album tersebut berbuah hasil luar biasa, karena album ini menjadi sangat keramat di hati para penggemar Bruce Springsteen.

Lalu kehebatan ilmu produksi Jimmy berlanjut terhadap album Patty Smith ‘Easter’, Tom Petty and The Heartbreakets album ‘Damn The Torpedoes’, dan album sakral U2 ‘Rattle and Hum’. Di film seri ini diperlihatkan bagaimana Jimmy begitu fokus terhadap pekerjaannya, dan ditunjukan bahwasanya Jimmy adalah seorang pejuang musik yang tidak kenal lelah dalam menggali seluruh kemampuan talent-talentnya.

Sementara itu Dr. Dre bak pegiat skena awal mula hipster, di mana saat beliau memulai karir sebagai seorang DJ pada era 80-an awal, yang berlanjut dengan cetusannya untuk membuat grup hiphop paling berpengaruh di dunia, NWA, adalah tonggak sejati dari scene hiphop itu sendiri. Bisa dibilang akar dari segala akar.

Setelah berjibaku dengan masing-masing permasalahannya, mulai dari kematian Eazy NWA, hingga kasus east coast west coast, yaitu sebuah perang gangster gep-gepan lebay yang tak masuk akal antara Death Row Records (label tempat Dr. Dre bernaung) Vs Bad Boy (label asuhan Puff Diddy) menjadi era gelap dunia hiphop pada saat itu, akhirnya Dre memilih keluar dari perseteruan penuh omong kosong tersebut. Apalagi sejak Tupac tertembak mati, di mana itu adalah buah pertikaian antara Death Row dengan Bad Boy. Sungguh era itu adalah masa kegelapan hiphop yang paling tragis dan menjadi pengalaman yang begitu pahit untuk dikenang.

Sementara itu dalam perjalanan karir Jimmy Iovine sebagai produser, di kala Dre sedang berjibaku dengan masalah-masalah hiphop gangsternya, Jimmy berhasil menemukan bakat-bakat muda seperti Gwen Stefani, Nine Inch Nails, dan Marlyn Manson, yang direkomendasikan oleh Trent Reznor kepada Jimmy Iovnie.

Bagaimana Ying Yang antara Dr. Dre dengan Jimmy Iovine dipersatukan? Lalu seperti apa awal mula kerjasama fenomenal antara Dre, Jimmy, dan Eminem berawal? Langsung saja menuju Netflix untuk jawaban-jawaban tak terduganya.

Vantage

Kontribusi Brilian A.A Hamidhan dan Yap Tjwan Bing Dalam Kemerdekaan Indonesia

Previous article

Kala Kotoran Manusia Mampu Menyembuhkan Seorang Pria yang Mabuk

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *