Vanews

Drama “Snowdrop” Terus Berlanjut, Akademisi Surati Disney

kontroversi drama snowdrop memanas

Drama korea berjudul Snowdrop yang tayang di Disney+ Hotstar masih mendapat kontroversi.

Sejatinya, kontroversi tersebut sudah mencuat sejak episode 2 penayangan drama yang dibintangi Jisoo ‘Blackpink’ tersebut.

Akan tetapi, penayangannya masih terus berlanjut hingga sekarang sudah mencapai episode 9.

Baca juga: O Yeung-su, Kakek dalam Squid Game yang Sukses Raih Golden Globe Awards

Para akademisi Korea yang diwakili oleh Asisten Profesor Bae Keung Yoon yang ditujukan kepada Presiden The Walt Disney Company Asia Pasific, Luke Kang.

Surat tersebut disebar melalui akun instagram pribadinya, @kbae38. Dalam surat terbuka tersebut ditulis jelas berbagai kesalahan dan tuntutan mereka kepada Disney.

Para akademisi tidak menuntut Disney atau JTBC untuk menghentikan penayangan drama tersebut. Namun, mereka meminta Disney untuk dapat mencari referensi yang baik untuk menulis cerita.

Referensi tersebut bisa diverifikasi dengan menggunakan para ahli sejarah yang ada di Korea, sehingga tidak terjadi distorsi sejarah lagi seperti yang dialami oleh Snowdrop.

Surat terbuka untuk Disney tersebut juga ditandatangani oleh 24 akademisi lain di Korea Selatan, mulai dari profesor, asisten profesor, maupun kandidat Ph.D di bidang Kajian Budaya Korea dan Asia Timur.

Mengenai distorsi sejarah yang terjadi, para ahli sejarah tidak dapat menolerir beberapa hal terkait karakter.

Pertama, nama karakter Jisoo ‘Blackpink’ yaitu Eun Young Cho yang terdengar mirip dengan nama aktivis wanita penentang pemeritahan otoriter, Cheon Young Cho.

Hal tersebut sudah diatasi dengan mengganti nama karakter Jisoo menjadi ‘Eun Young Ro’

Kemudian juga terdapat karakter Im Su Ho, mata-mata Korea Utara yang menyamar menjadi mahasiswa pascasarjana dari Jerman.

Pada kenyataannya, banyak mahasiswa Korea yang belajar di Jerman dituduh sebagai mata-mata Korea Utara, diculik ke Korea Selatan dan dipenjara.

Terakhir, karakter Eun Chang Su yang memiliki kesamaan mencolok dengan perwira Park Jun Byeong, pembunuh brutal yang keji dan memimpin salah satu pembantaian tahun 1980.

Salah satu kesamaan mereka ialah bertempur di perang Korea sebagai pelajar di bawah umur.

Terlepas dari segala kontroversi yang terjadi, drama Snowdrop tetap tayang di JTBC dan Disney+ Hotstar dan sudah mencapai episode 9 penayangannya. Drama ini juga masih mendapat rating yang tinggi.

Mengintip Hasil Kolaborasi antara Vans Original Old Skool dengan COMME des GARÇONS

Previous article

Jackass Forever Segera Tayang, Ini Dia Biaya Pengobatan Para Pemerannya

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *