Vansports

Sejuta Manfaat Tak Terduga Dari Berjalan Kaki

Manfaat Berjalan Kaki
Sejuta Manfaat Berjalan Kaki

Olahraga menjadi salah satu resep untuk menjaga kualitas hidup. Dengan segala jenis yang ada, kita memiliki banyak pilihan untuk memilih jenis olahraga. Salah satu yang bisa jadi pilihan yang mudah dan murah adalah berjalan kaki. Ternyata aktivitas ini menyimpan banyak manfaat dibalik kemudahannya. Seorang wanita di Amerika Serikat membuktikan bahwa dengan berjalan kaki bisa meningkatkan kualitas hidupnya menjadi lebih baik.

Berjalan adalah jenis olahraga yang paling mudah dilakukan. Bahkan anjuran untuk melakukan olahraga ini sering disampaikan. Istilah “10.000 langkah per hari” mungkin kerap kali di dengar untuk berjalan kaki. Anjuran ini bukan tanpa alasan karena dengan berjalan kaki mampu memberi manfaat berlebih untuk kesehatan. Namun apa jadinya bila kita menambah kuantitasnya menjadi 20.000 langkah per hari?

Seorang wanita asal Amerika Serikat bernama April Rueb membagikan pengalamannya setelah mencoba berjalan kaki sebanyak 20.000 per hari. Dilansir dari Prevention, Wanita yang tinggal di kota New York itu mengungkapkan bahwa sebelumnya ia telah rutin berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah setiap harinya. Hal ini dilakukannya bukan tanpa sebab, April tak punya pilihan untuk memilih moda transportasi menuju ke kantornya.

Tempat tinggal April dan kantornya hanya berjarak sekitar 4 kilometer. Dengan jarak tersebut, ia merasa bahwa berjalan kaki menjadi pilihan yang masuk akal karena lebih bisa berhemat. Hal inilah yang menjadikan April mendapatkan sekitar 9000 langkah yang mendekati anjuran untuk berjalan sebanyak 10.000 langkah. 

Setelah menjalani kebiasaan barunya selama 5 bulan, April pun sudah mulai terbiasa, ia pun mudah mencapai standar 10.000 langkah setiap harinya. Mulai merasa nyaman dengan rutinitas tersebut. April mencoba menantang dirinya untuk meningkatkan jumlah langkah hingga 2 kali lipatnya. Setelah satu minggu mencoba berjalan sebanyak 20.000 langkah, wanita itu merasakan beberapa manfaat, di antaranya:

Mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat

Ada suatu pendapat yang menyatakan jika olahraga menjadi obat yang mujarab untuk melawan rasa lelah. Namun sering kali kita tak mempercayainya dan memilih untuk beristirahat. Hal inilah yang berhasil dibuktikan oleh April, di mana setelah ia meningkatkan beban olahraga (dalam hal ini berjalan kaki). Ia berhasil meningkatkan fokus dalam melakukan pekerjaan.

“Setelah melakukan tantangan ini, saya dengan mudah mengerjakan daftar tugas dalam waktu yang cepat dan saya pun berhasil menyelesaikan tugas yang sebelumnya tertunda. Saya juga bisa membaca seluruh koleksi buku dalam satu hari, dan  mampu mengurangi ketergantungannya pada kopi untuk meningkatkan fokus,” tutur April.

Meningkatkan kualitas tidur

Dalam menjalankan tantangan yang ia buat, April telah meningkatkan produktivitasnya yang secara tidak langsung juga membuat tubuhnya lelah dari segi fisik. Meski begitu, rasa lelah yang ia rasakan menjadi hal yang baik karena membuatnya untuk tertidur lebih cepat. Dan ketika terbangun, pikiran dan tubuhnya kembali segar dan siap untuk beraktivitas.

“Berjalan 20.000 langkah setiap hari memang melelahkan, tetapi perasaan ini adalah jenis kelelahan yang menyenangkan. Karena saya merasa puas dengan apa yang telah saya capai. Setiap malamnya, saya dapat tidur lebih cepat dari biasanya dan lebih terlelap. Saya pun terbangun dalam keadaan yang lebih segar dan siap untuk produktif kembali,” ujar April.

Bangun lebih pagi

April mengakui bahwa dirinya bukan sosok yang terbiasa bangun dan beraktivitas di pagi hari. Namun semuanya berubah saat ia rutin berjalan kaki.

“Ketika saya membuka mata di pagi hari dan melihat ke jam, saya berpikir ini tidak mungkin. Suatu hari saya terbangun dari tempat tidur dan siap berangkat pada jam 5 pagi! Saya pun akhirnya bisa melihat matahari terbit untuk pertama kalinya setelah waktu yang lama,” ujar April.

Memiliki pikiran yang lebih positif

Pikiran yang positif adalah kunci untuk meraih kehidupan yang bahagia dan sehat. Sayangnya, tak mudah untuk selalu berpikiran positif. Hal tersebut juga berlaku bagi April sebelumnya. Setelah menjalani tantangan 20.000 langkah per hari, perlahan April pun mampu untuk menjaga pikirannya agar tetap positif.

“Jelas setelah berjalan lebih banyak, secara spesifik saya dapat mengalihkan pikiran negatif yang saya rasakan sebelumnya. Ini menjadi pengingat bahwa tak perlu usaha berlebih untuk tetap berpikiran positif.

Segalanya menjadi lebih mudah dari yang dibayangkan

Bagi April, ia tak pernah menyangka bahwa dirinya mampu mencapai tantangan dalam berjalan sebanyak 20.000 langkah setiap hari. Ia khawatir bahwa tantangan tersebut akan menyita banyak waktunya. Ia pun takut melewatkan hal-hal menyenangkan yang dilakukan kerabatnya. Namun setelah mencapai tantangannya, April menyadari bahwa ia pun tak mengorbankan apapun dan tetap mampu menyeimbangkan kehidupan pribadi dan sosialnya.

“Ternyata saya tidak mengorbankan apapun. Saya tetap memiliki waktu untuk bersosialisasi, bekerja lembur bila diperlukan, dan membaca banyak buku selama menjalani tantangan 20.000 langkah. Ada beberapa hal kecil yang membantu saya untuk mencapai tujuan yang saya rencanakan,” tutup April.

Vantage

4 Juni, Hari Di Mana Real Madrid Mematahkan Kutukan Liga Champions

Previous article

Aplikasi Pemuas Syahwat Penuh Tipu Daya, di Foto Bak Model, Pas Ketemu Hancur

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *