samsung a73 2

Samsung A73 Baru dan Bekas, Spesifikasi dan Kelebihan 2023

Vantage.id – Samsung A73 bekas dapat dipilih bagi kamu yang ingin mencari ponsel berkualitas tapi masih terjangkau. Ketahui mulai dari spesifikasi, harga baru dan bekas, hingga kelebihan serta kekurangannya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Samsung hingga kini sudah banyak memproduksi varian ponsel baru. Mulai dari harga yang terjangkau ataupun mahal, mereka menyediakannya. Bahkan modelnya juga sudah semakin beragam. Ada yang biasa, tetapi ada pula yang dilipat. Tidak perlu khawatir masalah spesifikasi, karena Samsung menghadirkan smartphone yang berkualitas tinggi.

Salah satu ponsel yang dapat dipertimbangkan untuk dimiliki adalah Samsung A73 5G. Kehadirannya pada 2022 pun membuat lini smartphone Samsung semakin kuat. Apalagi di dalamnya juga sudah banyak dibekali dengan keunggulan yang bisa membuatnya tidak kalah menarik dari beragam smartphone lainnya.

Untuk mengetahuinya, berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai Samsung A73 bekas, juga spesifikasi dan kelebihan serta kekurangannya. Simak informasi di bawah ini.

Tabel Spesifikasi Samsung A73

samsung a73 1

Supaya lebih mudah dalam menilik beragam fitu yang dibawa dalam ponsel tersebut, kamu bisa mengecek tabel spesifikasi lengkap dari Samsung A73.

DimensiKetebalan 7,6 mm Bobot 189 g
LayarSuper AMOLED+ 6,7 inci resolusi FHD+
refresh rate 120Hz
Corning Gorilla Glass 5
IP67
ChipsetSnapdragon 778G
GPU Adreno 642L
MemoriRAM 6 GB/8 GB
Storage 128 GB/256 GB
Kamera depan33MP
Kamera belakang108 MP (utama, teknologi PDAF, OIS)
12 MP (ultrawide)
5 MP (makro)
5 MP (depth)
Baterai5000 mAh
Fast charging 25W
Sistem operasiAndroid 12, One UI 5
SIMHybrid dual SIM
WarnaGray, Mint, White

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A73

Setelah mengetahui spesifikasi Samsung A73, kamu juga perlu mengetahui kelebihan serta kekurangan dari ponsel tersebut. Sebab, setiap ponsel pasti memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Kelebihan

Layar Cerah

Keunggulan pertama dari Samsung A73 adalah ada pada layarnya. Hal ini karena smartphone kelas menengah ini membawa panel berjenis Super AMOLED+ yang menghasilkan display yang cerah dari versi biasa.

Ditambah, efisiensi dayanya juga diketahui lebih tinggi. Tetapi bukan hanya itu, layar HP Samsung seri A itu juga dilengkapi dengan gambar yang tajam berkat adanya resolusi FHD+ juga kerapatan pikselnya yang mencapai 393 ppi. Selain itu, rasio layar ke bodinya juga dibuat dengan luas 87 persen. Hal ini akan memberikan pengalaman visual yang menyenangkan.

Kemampuan layarnya juga nyaman terutama saat dipakai browsing atau scrolling di media sosial. Pengalaman sensoriknya saat bermain game pun juga cukup nyaman berkat adanya laju penyegaran 120 Hz yang membuatnya terasa halus dan mulus.

Sebagai tambahan, Samsung kemudian memberikan Galaxy A73 kaca pelindung berupa Corning Gorilla Glass 5 untuk menghindari goresan ataupun keretakan.

Performa Cukup Andal

Masalah performanya juga tidak kalah baik. Dengan mengandalkan chipset Snapdragon 778 5G bikinan Qualcomm, ponsel ini memiliki daya efisiensi yang cukup tinggi. Hal ini bisa menunjang kegiatan yang membutuhkan daya grafis tinggi.

Terlebih, mesinnya juga mendapatkan dukungan berupa GPU Adreno 642L yang membantu menghasilkan kinerja yang gesit. Selain itu, memori Samsung A73 juga luas dengan menghadirkan RAM 6 GB dan 8 GB, serta storage 128 GB dan 256 GB yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sensasi kinerja mesin yang andal bahkan saat dipakai untuk menjalankan game berat seperti Genshin Impact.

Kamera Mumpuni

Untuk kamu yang gemar dengan fotografi, ponsel Samsung dari seri A ini bisa menjadi salah satu pilihan dalam mendapatkan hasil foto yang baik. Sebab, Samsung menghadirkan spesifikasi kamera yang mumpuni.

Pada sisi belakangnya ada kamera utama dengan kekuatan 108 MP yang sudah didukung dengan fitur stabilitas OIS. Fitur tersebut memungkinkan gambar yang dihasilkan tidak blur meskipun dipakai sambil berjalan maupun berlari sekalipun.

Selain kamera utama, ada pula lensa ultrawide 12 MP untuk mengambil gambar yang membutuhkan sudut lebih luas. Kemudian ada pula lensa makro dan sensor kedalaman yang kompak mendapatkan kekuatan 5 MP.

Sementara untuk kamera depannya, terpasang lensa selfie dengan kekuatan sebesar 32 MP. Perihal fungsi perekaman video, kamera Samsung A73 5G mampu merekam video dengan kualitas resolusi hingga 4K pada kecepatan 30 fps.

Anti Air dan Debu

Kelebihan Samsung A73 selanjutnya diberikannya rating IP67 yang terkenal dengan anti debu dan percikan air. Hal ini bisa memberikan kenyamanan dan keamanan saat dibawa bepergian, khususnya ke tempat yang dekat dengan air. Walaupun begitu, perlu diketahui bahwa ponsel tersebut mampu bertahan di dalam air dalam waktu tertentu saja, yakni 30 menit dengan kedalaman air maksimal sekitar satu meter.

Kekurangan

samsung a73

Adapter Casan Dijual Terpisah

Kekurangan yang pertama yang dimiliki oleh Samsung A73 adalah tidak adanya adapter atau kepala casan di dalam boks pembelian. Alasannya, karena Samsung ingin membuat produk elektroniknya lebih ramah lingkungan melalui pengurangan karbon emisi.

Walaupun tidak tersedia, Samsung memberikan penawaran lain. Mereka menyediakan adapter tersebut, tetapi dijual terpisah. Jadi bagi pengguna baru bisa membelinya. Namun ini berarti kamu harus menyediakan uang lebih untuk bisa mendapatkannya. Biasanya, adapter dijual dengan kisaran harga Rp200 ribu di toko resmi Samsung.

Belum Menyediakan Kamera Telefoto

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan oleh Samsung A73, sayangnya ponsel ini masih belum mendapatkan dukungan dari kamera telefoto. Padahal dengan harga dan kelas yang sama pula, pesainnya sudah dibekali dengan lensa telefoto yang berguna untuk mengambil gambar jarak jauh. Selain itu, lensa tersebut juga berfungsi dalam melakukan zoom pada gambar yang ingin diambil.

Fitur Pengisian Cepat Masih Belum Optimal

Segi energi juga menjadi salah satu kekurangan yang ada pada ponsel Samsung Galaxy A73 5G. Walaupun sudah memiliki kapasitas daya yang besar, yakni 5000 mAh, tetapi fitur pengisian cepatnya masih belum optimal, yakni hanya 25W. Alhasil, proses pengisian ulang daya belum begitu optimal. Sementara dengan harga yang sama, ponsel lain menawarkan keunggulan fast charging dengan daya yang lebih besar.

Jack Audio Tidak Tersedia

Selain itu, ponsel Samsung A73 juga tidak menyediakan fitur jack audio. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mencolokkan earphone berkabel. Biasanya jack audio ini banyak digemari oleh kamu yang hobi mendengarkan lagu dengan headset.

Akan tetapi, hilangnya fitur jack audio ini masih bisa dimaafkan karena speaker ponsel Samsung seri A ini sudah stereo. Jadi keluaran suaranya masih berkualitas dan tidak pecah.

Harga Samsung A73 5G

Samsung A73 5G tersedia dalam tiga warna, yakni Gray, Mint, White yang bisa dipilih sesuai selera. Untuk masalah harga, Samsung Galaxy A73 kini dibanderol dengan harga yang masih cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp4,1 juta saja. Adapun harga tersebut dapat diperoleh melalui pembelian di marketplace. Pasalnya, Samsung sudah tidak menjualnya lagi di website resmi.

Akan tetapi jika kamu tertarik untuk membeli versi second, Samsung A73 bekas dijual dengan harga mulai dari Rp5,8 juta fullset. Pastikan untuk mengecek barangnya terlebih dahulu sebelum membeli barang second agar tidak menyesal.

Nah, itulah spesifikasi, kelebihan dan kekurangan, serta harga Samsung A73 baru dan bekas di tahun 2023. Selamat berbelanja!

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: