Vantips

3 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jantung, Dijamin Panjang Umur!

Makanan sehat untuk jantung

Memasuki tahun baru 2022, beberapa dari kita yang memiliki pola hidup yang kurang baik memiliki resolusi untuk menjadi lebih sehat di tahun ini.

Beragam hal dilakukan seperti, meningkatkan kualitas tidur, rutin berolahraga, melakukan diet, mingga menjaga pola makan yang sehat.

Hal-hal tersebut dilakukan agar selalu dapat menikmati momen-momen pergantian tahun bersama orang terdekat dan dapat menikmati masa tua yang indah.

Jantung merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang sangat penting dan patut untuk kita jaga. Dengan memiliki jantung yang sehat, umur yang bukan lagi suatu mimpi di siang bolong.

Baca juga: 5 Tips Diet Ala Artis korea yang Ampuh dan Aman untuk Dicoba

Salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengkonsumsi makanan sehat.

Masalahnya, beberapa makanan memang memiliki zat yang dapat membantuk kita mengurangi resiko terkena penyakit yang menyeramkan seperti jantung.

Dihimpun dari laman Healthline, berikut rekomendasi makanan sehat untuk jantung yang dapat membuat umur kita panjang.

Beragam Sayuran Hijau

Rekomendasi makanan sehat untuk jantung yang pertama adalah dengan memilih beragam sayuran hijau ke dalam makanan kita. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi diketahui kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan.

Sayuran hijau juga merupakan salah satu sumber vitamin K  dan nitrat yang sangat besar apabila dibandingkan dengan sayuran yang lain.

Hal tersebut berfungsi untuk membantu mengurangi kekakuan yang terjadi pada arteri dan meningkatkan beragam fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Banyak penelitian yang membuktikan dengan rutin mengkonsumsi sayu-sayuran berwarna hijau, resiko penyakit jantung koroner akan semakin rendah dan terus turun secara signifikan.

Ikan Banyak Lemak

Ikan yang mengandung banyak lemak seperti salmon, makarel, sarden dan tuna mengandung banyak sekali kandungan omega 3, yang telah dipelajari banyak manfaatnya untuk kesehatan jantung.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 324 orang, dengan mengkonsumsi ikan salmon tiga kali dalam seminggu, efektif menurunkan tekanan darah diastolik.

Bagi yang tidak dapat mengkonsumsi hidangan laut, omega 3 dapat digantikan dengan cara mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

Suplemen minyak ikan terbukti mampu mengurangi trigliserida darah, meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah.

 Baca juga: Intip 5 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh

Beragam Buah Berry

Stroberi, blackberry, blueberry, dan raspberry adalah berbagai macam buah berry yang menjadi rekomendasi makanan sehat untuk jantung yang terakhir.

Beragam buah berry tersebut diketahui kaya akan antioksidan seperti anthocyanins. Kandungan itu digunakan untuk membantu menurunkan resiko setres oksidatif dan peradangan yang berperan sebagai perkembangan penyakit jantung.

Salah satu studi yang dilakukan kepada 27 orang dewasa yang memiliki masalah dalam metabolisme tubuhnya menunjukkan bahwa, dengan rutin selama dua bulan mengkonsumsi minuman yang terbuat dari stroberi yang dibekukan dapat menurunkan resiko kolesterol jahat sebesar 11 persen.

Ketiga makanan di atas terbukti mampu efektif dalam menjaga kesehatan jantung. Jadi, tunggu apa lagi? segera penuhi kulkas dengan ketiga bahan makanan di atas agar badan menjadi lebih sehat dan umur menjadi lebih panjang. Amin.

Mahesa Jenar

Ed Sheeran, Musisi Tajir yang Punya Misi Mulia Hijaukan Negara Inggris

Previous article

Kabar Bahagia untuk ARMY, Suga BTS Akhirnya Sembuh Dari COVID 19!

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *