Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Impian Indonesia untuk bermain di Piala Dunia akhirnya terwujud. Walaupun baru untuk U-20, tetap saja ini menjadi satu hal yang bergengsi dan membanggakan bagi bangsa ini. Berkibarlah bendera merah putih!

Penetapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 diputuskan lewat FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10/2019). Acara ini juga dihadiri oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam jumpa pers yang digelar usai pertemuan.

“Kami memutuskan bahwa Piala Dunia FIFA U-20 2021 akan digelar di Indonesia. Selamat buat Indonesia. Sementara Peru menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17,” ujar Gianni Infantino, Presiden FIFA. Infantino juga menyampaikan China sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021.

Sebelumnya, Indonesia bersaing dengan enam negara, Thailand dan Myanmar, Brasil, Peru, serta Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Dalam penentuan akhir, Indonesia bersaing dengan Brazil dan Peru.

Tapi Indonesia bukanlah negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Malaysia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah, yakni pada tahun 1997. Pada waktu itu, turnamen masih bertajuk FIFA World Youth Championship. Di luar itu, Jepang menjadi negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah ajang tersebut, yakni pada edisi kedua tahun 1979. Turnamen itu sendiri telah dimulai sejak tahun 1977 di Tunisia.

Turnamen Piala Dunia U-20 dikenal sebagai kawah candradimuka lahirnya bintang-bintang dunia. Sebut saja Lionel Messi, Andres Iniesta, Antoine Griezmann, Mohamed Salah, dan masih banyak superstar dunia lainnya.

Setelah terpilih menjadi tuan rumah, PSSI sudah mengajukan sepuluh stadion dari beberapa kota untuk menggelar pertandingan. Kesepuluh stadion itu adalah:

Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta)

Stadion Wibawa Mukti (Cikarang)

Stadion Pakan Sari (Bogor)

Stadion Patriot (Bekasi)

Stadion Mandala Krida (Yogyakarta)

Stadion Manahan (Solo)

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang)

Stadion Si Jalak Harupat (Bandung)

Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali)