Vantips

4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Yogyakarta Selain Bakpia

Oleh-oleh khas Yogyakarta selain Bakpia

Ketika mengunjungi suatu kota di Indonesia, kerabat dekat sudah pasti langsung meminta untuk dibawakan oleh-oleh hidangan khas kota tersebut.

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang paling sering dikunjungi ketika liburan karena memang memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Yogyakarta juga terkenal dengan hidangannya yang begitu nikmat.

Salah satu oleh-oleh khas daerah Yogyakarta adalah Bakpia. Sampai ada ungkapan yang menyebutkan bahwa belum ke Yogyakarta apabila tidak membawa Bakpia.

Baca juga: 4 Kedai Bakso Paling Enak di Jakarta Selatan, Wajib Mampir!

Namun rasanya bosan apabila kita terus-terusan membawa Bakpia sebagai oleh-oleh utama ketika mengunjungi Yogyakarta.

Berikut kami sajikan informasi mengenai oleh-oleh khas Yogyakarta selain Bakpia.

Yangko

Familiar dengan Mochi? Ya, rasa dari Yangko ini hampir mirip dengan kudapan khas Jepang tersebut. Yangko adalah jajanan khas Kotagede yang memiliki rasa manis dan memiliki tekstur kenyal namun tetap lembut.

Yangko cocok dijadikan teman minum kopi maupun teh di sore hari. Harganya pun masuk ke dalam kategori sangat murah, yaitu satu dus yang berisikan 30 Yangko dibanderol seharga Rp 15 ribu hinga Rp 20 ribu.

Dari sekian banyaknya toko yang menjual kudapan ini, Yangko Pak Prapto merupakan yang paling terkenal dalam menjajakan Yangko.

Geplak

Oleh-oleh khas Yogyakarta selain Bakpia berikutnya adalah makanan khas Bantul yang terbuat dari campuran parutan kelapa dan gula yaitu Geplak.

Cita rasa yang dimiliki Geplak ini hampir mirip dengan Yangko, namun Geplak berbentuk bulan dan memiliki tekstur tidak beraturan yang sedikit kasar.

Tidak sulit untuk menemukan Geplak di Yogyakarta karena hampir semua toko menjajakan kudapan ini. Harga yang dimiliki Geplak juga tidak jauh berbeda dengan Yangko, namun bungkus dari Geplak yang berupa anyaman membuat kudapan ini menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

Walang Goreng

Bagi anda yang tertarik memiliki oleh-oleh khas Yogyakarta yang ekstrim, anda patut membeli walang atau yang dapat diartikan sebagai belalang goreng.

Meskipun terlihat sedikit menyeramkan, Walang goreng memiliki cita rasa yang gurih karena memang telah dibumbui sebelumnya. Kandungan protein yang ada pada belalang goreng ini juga membuatnya semakin menarik untuk dibawa pulang.

Tidak sulit untuk mendapatkan kudapan ini karena memang hampir semua toko oleh-oleh menyediakan Walang goreng ini.

Wedang Uwuh

Minuman tradisional yang menyehatkan badan ini menjadi pelengkap oleh-oleh khas Yogyakarta.

Wedang Uwuh terbuat dari campuran rempah-rempah seperti kayu secang, jahe, cengkeh, dan kapulaga.

Menikmati Yangko, Geplak, dan Walang goreng sangat tepat ditemani dengan Wedang Uwuh untuk membasuh semua rasa nikmat yang ada pada lidah.

Itulah empat rekomendasi kami pada oleh-oleh khas Yogyakarta selain Bakpia, catat ya!

Mahesa Jenar

Rilis Hari ini! Nevertoolavish Buat Sepatu Tribute to Virgil Abloh

Previous article

Intip Koleksi Tas Dior Vibe yang Cocok Dimiliki di Awal Tahun Baru 2022

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *