Vanspiring

Mengenal Francine Salazar, Gadis Penyelamat 81 Nyawa

Francine Salazar
Francine Salazar, Gadis yang Menyelamatkan 10 Nyawa

Perbuatan baik selalu menemukan jalannya. inilah yang dibuktikan oleh Francine Salazar, seorang gadis berusia 10 tahun yang telah meninggal pada 2019 lalu. Meski raganya telah meninggalkan dunia, kebaikannya pun terus berjalan dengan mendonorkan seluruh organ tubuhnya. Hasilnya pun tak main-main, 81 nyawa manusia pun berhasil diselamatkan oleh gadis asal Amerika Serikat itu.

Nasib malang harus dialami Francine Salazar, seorang gadis berusia 10 tahun yang hidupnya berakhir pada umur yang teramat belia. Francine mengalami kecelakaan naas saat perjalanan pulang di California, Amerika Serikat pada 7 Agustus 2019 lalu. Sesaat setelah kecelakaan itu, Francine mendapat perawatan di Valley Children’s Hospital California. 

Divonis Mati Otak

Pada masa perawatan, tim dokter menyatakan bila Francine mengalami mati otak. Kondisi tersebut membuat fungsi otak sang anak tidak berfungsi. Namun kala itu Francine masih hidup karena organ tubuh lainnya masih bekerja.

Family of 10-year-old killed in Tulare Co. crash to file lawsuit against  county, speeding driver - ABC30 Fresno
Mobil yang Ditumpangi Francine Rusak Berat. Sumber: ABC30 Fresno

Hingga pada tanggal 10 Agustus 2019, Francine dinyatakan meninggal oleh pihak Rumah Sakit. Dilansir dari The Sun, pihak keluarga Francine memutuskan untuk memberikan penghormatan terakhir untuk sang anak dengan menyumbangkan seluruh organ tubuhnya.

Donasi Organ yang Berhasil

Niat yang sangat mulia itu direspon positif oleh pihak rumah sakit. Pada hari di mana Francine menjalani operasi, Hanah Salazar, ibu kandung sang anak mengepang rambut putrinya untuk terakhir kali. Momen kala itu semakin haru saat staf Valley Children’s Hospital berbaris untuk memberikan penghormatan pada tubuh Francine sebelum masuk ruang operasi.

Bocah Berusia 10 Tahun Selamatkan 81 Orang Lewat Donasi Organ Tubuhnya! -  USS Feed
Momen Saat Francine Memasuki Ruang Operasi. Sumber: USS Feed

Menurut komunitas Donor Network West, donor organ yang diberikan Francine berhasil menyelamatkan 6 nyawa dan membantu pengobatan 75 orang lainnya. Sang Ibu mengungkapkan jika keputusannya untuk mendonorkan organ tubuh Francine semata karena sejalan dengan sikap sang anak ketika masih hidup.

“Anak perempuan saya adalah orang yang perhatian, penuh kasih, dan tidak mementingkan diri sendiri, dan dia akan membantu semua orang sebelum dirinya sendiri,” ujar Hanah Salazar dilansir dari The Sun.

Mengiringi donor organ yang diberikan oleh Francine, sebuah gerakan donasi bernama ‘GoFundMe’ diluncurkan untuk membantu keluarganya dalam membayar biaya medis dan pemakaman. Pada Gerakan itu, bantuan sebesar US$ 26000 (Rp 367 juta) berhasil dikumpulkan untuk meringankan beban keluarga Francine.

Vantage

Danilla Riyadi Menyanyikan Ulang Lagu Melayang Milik January Christy

Previous article

Menyambut 2021, Italia Sudah Memilih Kota Wine Terbarunya

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *