Vanews

Kolaborasi Rino Darusman dan HNATA Dalam Single “Sanity”

Rino-Rino darusman-HNATA-Sanity
Rino-Rino darusman-HNATA-Sanity

Kolektif musikus internasional ‘Make Friends Not Enemies’ (MFNE) merilis single terbaru berjudul “Sanity” pada penghujung 2020. Kolaborasi Jakarta-Melbourne-London ini melibatkan musikus HNATA dan produser Indonesia yang berbasis di Melbourne, Rino.

Di awal tahun ini, HNATA mengusung single berjudul ‘Lost’ sementara Rino menawarkan warna baru dalam single-nya berjudul ‘Disparity’. Dua single ini jadi andalan untuk memberi warna berbeda bagi industri musik Indonesia. Keduanya bersepakat bahwa kolaborasi ini menyuguhkan tantangan yang menyenangkan. Mereka ditantang untuk menemukan titik tengah dari dua elemen musik yang kontras.

“Sebelum merilis kolaborasi ini, kami memutuskan ingin membuat sesuatu yang menjadi titik tengah dari selera dan gaya bermusik kami. Kami berdua sangat tertarik pada UK Garage/House dan mengelaborasinya karena hanya kedua genre itu yang kami nikmati saat itu,” kata HNATA.

Berangkat dari gaya bermusik Rino yang dipengaruhi Electronic/House dan lirik HNATA yang memikat, kedua musikus ini menghadirkan nuansa musik klub dansa. Elemen-elemen ini bersanding dengan melodi Pop dan R&B yang menonjolkan bass line kuat, tabuhan drum 909. Instrumentasi vokalnya akan  mengingatkan pendengarnya pada lagu-lagu klasik UK Garage tahun 90-an yang dipopulerkan Craig David.

Musik ini bercerita tentang kerinduan keduanya akan atmosfer dari klub-klub, mengingat negara di mana Rino dan HNATA berada saat ini, Melbourne dan Jakarta, sedang memberlakukan pembatasan sosial.

“Sanity” ditulis oleh HNATA yang memiliki nama asli Gilang Wisnandar. Sementara Rino yang memiliki nama asli Rino Darusman berperan sebagai produser, komposer, dan penyusun musik. Rino juga berperan atas mixing lagu ini. Mastering dalam kolaborasi ini dikerjakan oleh Dimas Pradipta di Sum It! Studio di Jakarta.

Setelah kolaborasi ini, kedua musisi ini akan merilis single mereka masing-masing pada bulan November 2020.

“Sanity” akan dirilis serentak di semua platform streaming digital termasuk Spotify, Joox, Deezer, Apple Music, dan Youtube Music pada Jumat, 16 Oktober 2020.

TENTANG RINO

Rino adalah produser musik kelahiran Indonesia yang saat ini menetap di Melbourne, dengan nama asli Rino Darusman. Ia menerjemahkan musiknya sebagai ‘keceriaan lantai dansa bersama teman-teman’ yang terinspirasi oleh Four Tet, Jon Hopkins, dan The 1975. Rino sudah akrab dengan musik sejak berumur belia, diawali dengan belajar memainkan piano klasik. Kecintaannya pada musik makin tumbuh saat ia sering mendengarkan beragam koleksi musik jazz milik ayahnya, Candra Darusman. Dia juga sudah berkerja sama dengan Max Lawrence, Emma Volard, dan HNATA.

Vantage

Satria Bergitar Tersebut Bernama Rhoma Irama

Previous article

Persembahan Che Cupumanik dan Robi Navicula

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *